Mengenal Animasi Video Bersama Kami Akseni Jasa

Jasa Video Marketing Dan Turunan –  Sampai saat ini masih banyak juga orang yang belum paham apa itu animasi. Animasi adalah media yang paling pas digunakan saat ini untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa dan lain sebagainya.

 

Di dunia perfilm-an saat ini animasi juga sudah mendapatkan tempat tersendiri. Film-film animasi juga semakin hari semakin membaik kualitas dan tentunya juga alur ceritanya. Maka tidak heran saat ini banyak kita temui film-film dengan genre animasi.

 

Meski fungsi utama dari animasi adalah sebagai media hiburan namun tidak dapat dipungkiri animasi video juga bisa digunakan dalam berbagai keperluan bisnis. Animasi video adalah perubahan  cepat dari gambar yang telah tersusun rapi untuk menghasilkan suatu gerakan ilusi.

 

Sedangkan menurut Bloop Animation, animasi adalah seni dalam menghidupkan ilustrasi sebuah benda mati atau karakter-karakter untuk menghasilkan video menarik.

 

Sesuai data bahwa mata manusia hanya mampu menyimpan satu gambar selama 1/16 detik. Maka, ketika beberapa gambar muncul secara berurutan dengan cepat, otak akan menggabungkannya menjadi suatu gambar yang bergerak.

 

Demi membuat gerakan yang halus dan memanjakan mata, para animator akan membuat pertimbangan dalam penggunaan frame rate. Frame rate adalah jumlah gambar yang akan ditampilkan dalam setiap sekian detiknya dengan urutan yang sudah disusun terlebih dahulu.

 

Di dunia perfilm-an untuk frekuensi gambar animasi adalah 24 fps(frame per second), inilah yang membuat tampilannya begitu halus dan memanjakan mata.

 

 

  1. Animasi tradisional

Ini adalah jenis pertama dan tertua dari sebuah animasi. Pada awal munculnya animasi tradisional, animator menggambar di atas meja dengan lampu yang menerangi kertas tersebut.

 

Dengan begitu, animator bisa melihat gambar-gambar yang telah mereka buat sebelumnya. Kemudian, animasi tradisional mulai berkembang. Animator menggambar objek di atas kerja transparan seluloid. Oleh karena itu, animasi tradisional sering juga disebut sebagai cel animation atau animasi sel.

 

Animator harus menggambar setiap frame satu per satu untuk menghasilkan urutan animasi. Umumnya animasi tradisional dibuat dalam bentuk 2D.

 

Baca juga : Beberapa Fungsi Video Animasi yang Patut Anda Ketahui !

 

  1. Animasi 2D

Seperti yang telah Glints sebutkan pada poin sebelumnya, animasi tradisional umumnya dibuat dalam bentuk 2D. Namun, animasi 2D tidak terbatas pada animasi tradisional saja.

 

Animasi 2D bisa juga dibuat dengan gambar vektor. Dengan gambar vektor, animasi jadi lebih mudah dikontrol daripada jika berbasis piksel.

 

Animasi berbasis vektor menggunakan perhitungan matematika untuk mengubah ukuran gambar sehingga gerakannya lancar, seperti ditulis Studio Binder.

 

Menariknya, animator bisa menggunakan karakter yang sama tanpa perlu membuatnya lagi dalam frame yang baru.

 

 

  1. Animasi 3D

Animasi 3D adalah tipe animasi yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan bantuan software animasi 3D, animator bisa menggerakkan bagian tubuh dan mengatur posisi karakter. Meskipun terkesan lebih mudah, nyatanya proses tersebut tetap harus dilakukan per frame.

 

Jika kamu tertarik untuk terjun ke dunia animasi 3D, kamu perlu mempelajari cara membuat karakter secara digital, memperhatikan setiap detail, dan membangun kerangka karakter agar dapat dipindahkan dan digerakkan, seperti ditulis New York Film Academy.

 

 

  1. Motion graphic

Banyak orang menganggap bahwa motion graphic sama dengan animasi. Padahal, motion graphic merupakan bagian dari animasi.

 

Motion graphic adalah potongan grafis digital yang digabungkan untuk menghasilkan ilusi gerakan. Tipe animasi yang satu ini menggabungkan unsur animasi dengan desain grafis.

 

Biasanya, motion graphic banyak digunakan untuk iklan, tampilan judul film, dan credits. Adapun motion graphic kerap digabungkan dengan teks dan voice over.

 

  1. Stop motion

Tipe animasi yang terakhir adalah stop motion. Dibandingkan tipe animasi lainnya, stop motion memang masih kalah populer. Pergerakan objek tersebut akan menghasilkan ilusi gerakan objek.

 

Percayakan jasa pembuatan video animasi perusahaan atau bisnis Anda kepada kami Akseni Jasa. Silahkan hubungi kami untuk pemesanan video animasi  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here