Tips Pilih Jasa Pembuatan Animasi

Tips Pilih Jasa Pembuatan Animasi

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk atau jasa dan mendapatkan banyak calon pelanggan baru, salah satunya melalui video animasi. Mari kita bahas pengertian, jenis-jenis, dan tips untuk memilih jasa pembuatan animasi interaktif yang terbaik.

Pengertian Animasi

Pernahkah Anda menonton film kartun di televisi seperti Spongebob, Toy Story, Disney Princess, dan Finding Nemo? Film-film tersebut merupakan hasil karya animasi.

Secara harfiah, kata animasi berasal dari kata “animate” yang diambil dari bahasa latin “animare”, artinya adalah mengisi atau menghidupkan dengan nyawa.

Animasi adalah kumpulan gambar yang berurutan sehingga menciptakan ilusi gerakan dan menghasilkan gambar yang bergerak.

Animasi dibuat dari kumpulan gambar yang diurutkan, kemudian ditampilkan dengan cepat sesuai jumlah gambar atau frame rate yang telah ditentukan pada setiap detik.

Ketika gambar yang muncul berurutan tersebut tampil dengan cepat, maka otak akan menangkap sebagai gambar yang bergerak.

Saat ini, pembuatan animasi menjadi salah satu bidang pekerjaan yang banyak diminati. Jika Anda ingin membuat animasi untuk produk atau bisnis Anda.

Namun tidak memiliki keahlian dalam membuat animasi, maka Anda dapat menghubungi jasa pembuatan animasi di Jakarta.

Jenis-Jenis Animasi

Meskipun sama-sama terbuat dari gambar yang bergerak, rupanya animasi terbagi dalam beberapa jenis yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis animasi yang perlu Anda ketahui:

  1. Animasi Tradisional

Animasi tradisional adalah animasi tertua dibandingkan dengan jenis animasi lainnya. proses pembuatan animasi tradisional ini sesuai dengan namanya yaitu menggunakan teknik tradisional.

Animasi tradisional juga dikenal dengan nama animasi sel atau cel animation.

Para animator (pembuat animasi) menggambar diatas meja yang diberi lampu sehingga kertas yang digunakan akan menampilkan gambar yang dibuat sebelumnya. Animator akan membuat gambar satu per satu yang umumnya berbentuk 2D.

Pembuatan animasi tradisional lebih rumit dibandingkan animasi modern saat ini yang sudah menggunakan perangkat lunak di komputer.

Namun jika Anda ingin membuat animasi dengan tema seperti animasi tradisional, maka Anda dapat menghubungi jasa pembuatan film animasi.

  • Animasi 2D

Animasi 2D adalah animasi yang terbuat dari gambar 2 (dua) dimensi, sama halnya dengan animasi tradisional. Perbedaannya, pada animasi 2D dapat dibuat menggunakan gambar vektor, sehingga animasi lebih mudah dikontrol.

Contoh animasi 2D seperti kartun Tom and Jerry, Scooby Doo, dan Spongebob Squarepants. Jika Anda tertarik membuat animasi 2D untuk bisnis Anda, silahkan hubungi jasa pembuatan animasi 2D yang dapat membantu Anda.

  • Animasi 3D

Jenis animasi yang ketiga yaitu animasi 3D (tiga dimensi), saat ini termasuk dalam jenis animasi yang paling banyak digunakan. Animator biasanya membuat animasi 3D menggunakan perangkat lunak khusus seperti software animasi 3D.

Meskipun dengan bantuan software, proses pembuatan animasi 3D tetap membutuhkan keahlian dan kreativitas dalam mengoperasikan software tersebut.

Banyak jasa pembuatan 3D animasi yang menyediakan layanan pembuatan animasi untuk tujuan bisnis maupun pribadi. Namun sangat sedikit yang bisa menghasilkan karya animasi 3D yang bagus.

Harga jasa pembuatan animasi 3D cukup bervariasi tergantung tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya.

Anda dapat menghubungi jasa pembuatan animasi 3D Jakarta bila Anda berada di wilayah Jabodetabek. Namun bila Anda berada di wilayah Bandung.

Anda dapat menghubungi jasa pembuatan animasi 3D Bandung yang telah banyak mendapatkan ulasan baik dari para klien.

  • Motion Graphic

Motion graphic adalah bagian dari animasi, yaitu potongan grafis digital yang digabungkan dan menghasilkan ilusi gambar bergerak. Jenis animasi ini menggabungkan unsur desain grafis dan animasi.

Contoh animasi motion graphic seperti pada tampilan judul film atau after credits scene. Motion graphic biasanya diisi dengan suara (voice over) dan juga tulisan.

  • Stop Motion

Jenis animasi yang terakhir yaitu stop motion, adalah animasi yang dibuat dengan mengambil satu frame pada satu waktu, kemudian objek di dalam frame akan dirubah atau dipindahkan dari satu frame ke frame yang lain.

Pergerakan dari objek tersebut yang memberikan ilusi gerakan pada objek. Bentuk animasi stop motion memang sedikit mirip dengan animasi tradisional, bedanya proses pembuatannya tidak perlu menggambar satu per satu objek yang digunakan.

Salah satu bentuk dari animasi stop motion yaitu animasi flash, jasa pembuatan animasi flash kini tersedia cukup banyak untuk membantu Anda membuat animasi dengan mudah.

Tipe Animasi dan Jasa Pembuatan Animasi Dalam Bisnis

Jenis atau tipe animasi juga dapat dibedakan berdasarkan tujuan pembuatannya, salah satunya adalah untuk keperluan bisnis. Berikut ini beberapa tipe animasi dalam bisnis yang perlu Anda ketahui:

  1. Animasi Video Penjelasan

Banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang membutuhkan video penjelasan untuk memberikan informasi seputar perusahaan, produk, maupun jasa yang ditawarkan kepada target audiens.

Video penjelasan dapat dibuat menggunakan animasi agar terlihat lebih menarik dan unik.

Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan animasi video untuk membantu Anda membuat video penjelasan dalam bentuk animasi.

Anda dapat meminta penyedia jasa untuk menambahkan poin-poin penting dari perusahaan, jasa, atau produk yang Anda tawarkan sehingga menarik dan mudah dimengerti.

  • Animasi Loading Pages

Loading pages adalah halaman yang muncul ketika Anda membuka situs website sembari menunggu waktu loading, sebelum website tujuan Anda ditampilkan. Loading pages dapat dimanfaatkan untuk menampilkan iklan maupun video animasi.

Karena biasanya pengguna internet akan merasa bosan jika waktu loading yang dibutuhkan cukup lama, dan hanya menampilkan halaman kosong. Sehingga akan lebih menarik jika diisi dengan animasi dalam loading pages.

  • Animasi Transisi

Di dalam bisnis, website berperan penting untuk memasarkan sekaligus meningkatkan kewaspadaan brand Anda di masyarakat luas.

Tampilan website yang biasa tentu akan membosankan, untuk menarik minat pengunjung Anda dapat menambahkan animasi sebagai transisi di dalam website Anda.

Transisi dalam bentuk animasi dapat ditambahkan pada wipes, swipes, atau fades di dalam website. Anda tidak perlu khawatir dengan proses pembuatan yang rumit, karena jasa pembuatan animasi Jakarta dapat membantu Anda membuat animasi transisi.

  • Animasi Iklan

Iklan penting untuk mempromosikan perusahaan, produk, atau jasa yang Anda miliki. Pernahkah Anda melihat billboard digital di jalan atau di gedung-gedung? Billboard digital tersebut dapat diisi dengan animasi agar terlihat lebih menarik.

Saat ini jasa pembuatan iklan animasi tidak sulit untuk ditemukan dan dapat membuat animasi untuk mempromosikan produk atau jasa agar telihat menarik.

Iklan animasi tidak hanya dapat ditampilkan pada Billboard digital namun juga di semua media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube.

  • Animasi Logo

Logo adalah suatu gambar yang mewakili suatu perusahaan, brand, atau merek dari suatu produk atau jasa yang mudah diingat sebagai pengganti nama yang sebenarnya.

Agar tampilan logo menjadi lebih menarik, Anda dapat memasukkan animasi ke dalam logo.

Jasa pembuatan logo animasi banyak tersedia di Jakarta, Jogja, dan Bandung. Anda dapat menghubungi salah satu jasa pembuatan animasi logo yang terbukti memberikan hasil terbaik dengan banyak ulasan memuaskan dari para pelanggan disini.

Tips Untuk Memilih Jasa Pembuatan Animasi Murah

Sebelum Anda menentukan penyedia jasa untuk membantu Anda dalam membuat animasi, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak salah memilih. Tips memilih jasa pembuatan gambar atau video animasi akan kami rangkum seperti di bawah ini:

  1. Portofolio

Portofolio adalah kumpulan hasil karya yang telah dibuat oleh penyedia jasa, melalui portofolio ini Anda dapat menilai kualitas dari pekerjaan yang dilakukan.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan animasi Ulang Tahun, pastikan portofolio yang dimiliki menampilkan satu atau dua karya animasi untuk ulang tahun, sehingga Anda dapat melihat hasil yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

  • Harga

Poin penting yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah harga jasa pembuatan animasi. Anda perlu menanyakan terlebih dahulu harga pembuatan animasi yang ditawarkan oleh penyedia jasa dan bandingkan dengan harga pasaran.

Sesuaikan juga dengan budget yang adan miliki, namun perlu Anda ingat bahwa harga pembuatan animasi bervariasi tergantung tingkat kesulitan, pengalaman yang dimiliki oleh animator, hingga kualitas yang dihasilkan.

  • Rekomendasi

Rekomendasi dari orang yang pernah menggunakan jasa animator dapat menjadi tolak ukur dalam memilih penyedia jasa yang terbaik namun dengan harga yang pas dengan budget Anda.

Bila Anda seorang mahasiswa yang sedang membuat skripsi, Anda dapat bertanya kepada mahasiswa yang telah lulus dan menggunakan jasa pembuatan skripsi animasi.

Namun Anda juga dapat bertanya kepada developer jika membutuhkan jasa pembuatan animasi perumahan untuk keperluan bisnis Anda.

  • Lokasi

Pemilihan jasa animator juga perlu disesuaikan dengan lokasi tempat Anda berada agar tidak terlalu jauh. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan penyedia jasa.

Misalnya jika Anda tinggal di wilayah Yogyakarta, maka Anda dapat memilih jasa pembuatan animasi Jogja. Anda dapat menyesuaikan pemilihan penyedia jasa berdasarkan daerah yang dekat dengan Anda.

  • Service

Service atau layanan yang diberikan adalah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih penyedia jasa. Perhatikan layanan customer service dari penyedia jasa apakah ramah atau tidak.

Hal terebut dapat berpengaruh terhadap komunikasi antara Anda dan penyedia jasa.

Anda perlu mendapatkan komunikasi yang baik dengan penyedia jasa, sehingga kesalahpahaman dan hasil yang tidak sesuai dapat dihindari. Jika service yang diberikan memuaskan, maka hasil yang akan Anda dapatkan juga pasti sangat baik.

  • Waktu Kerja

Tips terakhir yang perlu Anda ketahui dalam memilih jasa untuk membuat animasi adalah mencari tahu waktu kerja dalam pembuatan animasi. Pastikan waktu pengerjaan sesuai dengan target yang telah ditentukan atau jadwal promosi yang akan Anda lakukan.

Animasi dalam bisnis dapat membantu bisnis terlihat lebih hidup dan menarik. Salah satunya jika Anda menggunakan jasa pembuatan presentasi animasi untuk mengajukan bisnis Anda kepada para investor.

Tentunya para investor akan lebih tertarik dan terkesan dengan bisnis Anda.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar pengertian animasi, jenis-jenis animasi, dan tips memilih jasa pembuatan animasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Informasi menarik dan terbaru lainnya bisa Anda dapatkan disini.