5 Komponen Penting Multimedia dan 2 Jenisnya
5 Komponen Penting Multimedia dan 2 Jenisnya

Jasa Video Explainer Dan Turunan – Menurut Merriam-Webster, multimedia diartikan sebagai penggunaan atau pelibatan beberapa media.

Multimedia juga merupakan teknik penggabungan suara atau audio, video, dan teks untuk mengekspresikan ide atau berkomunikasi dengan fasilitas teknis seperti perangkat lunak.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan multimedia sebagai penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafik, animasi, dan teks.

Hal senada juga dilakukan Cambridge Dictionary yang mengartikan multimedia sebagai penggunaan kombinasi gambar bergerak, suara, musik, dan kata-kata, terutama dalam komputer atau hiburan.

Multimedia juga disebut sebagai perangkat komunikasi atau berbagi informasi dalam bentuk suara, gambar, dan video, serta teks.

Menurut Dave Marshall dari Cardiff School of Computer Science & Informatics.

Multimedia diartikan sebagai informasi komputer yang direpresentasikan melalui audio, video, dan animasi selain media tradisional seperti teks, gambar, dan grafik.

Multimedia merupakan bidang yang berkaitan dengan integrasi teks, grafik, gambar bergerak dan diam. Animasi, audio, dan media lain yang dikendalikan komputer dan diproses secara digital.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari multimedia. Berikut ini adalah komponen multimedia yang sebelumnya telah disebut pada penjelasan definisi :

1. Teks

Teks merupakan komponen utama multimedia yang berupa teks, frasa, dan paragraf. Teks merupakan salah satu bentuk media informasi dan komunikasi yang paling dasar.

2. Grafis

Grafis atau grafik merupakan bentuk informasi multimedia non-teks yang berupa sketsa, gambar, hingga fotografi.

Dalam perkembangannya, komponen grafis juga masuk dalam jajaran awal multimedia yang ditemukan sebagai bentuk informasi dan komunikasi manusia.

3. Animasi

Animasi merupakan komponen multimedia yang cukup termutakhir dengan perpaduan gambar grafis dan gambar bergerak. Animasi dapat digunakan untuk berbagai tujuan multimedia yang lebih menarik impresi.

Baca juga : Pentingnya Memiliki Tanda Tangan Digital Di Era Sekarang

4. Video

Video merupakan komponen multimedia yang juga cukup tua karena muncul dalam sejarah perkembangan multimedia itu sendiri.

Video merupakan entitas gambar bergerak pertama yang dapat diputar dengan kecepatan frame tertentu. Video lantas juga berkembang dari sekedar film bisu menjadi video dengan suara.

5. Audio

Audio muncul sebagai komponen multimedia setelah teks. Audio berhubungan erat dengan proses perekaman. Entah itu musik, dialog, hingga semua hal yang berbasis pada suara.

Audio menjadi salah satu aspek penting dari multimedia hingga sekarang. Perkembangan audio juga didukung oleh adanya efek khusus dalam membangun sebuah audio, seperti halnya pada video.

Pada prosesnya, multimedia sendiri dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Multimedia Linier

Multimedia linier merupakan multimedia yang bersifat non-interaktif. Hal ini umumnya dicirikan dengan tidak adanya kontrol terhadap suatu konten oleh para penggunanya.

Jenis multimedia ini bersifat satu arah dan memiliki eksklusivitas yang berbasis pada pembuatnya.

Multimedia jenis ini umum digunakan sebagai informasi massal, seminar, video promosi, hingga paparan kelas atau rapat.

2. Multimedia Non-Linier

Berkebalikan dengan multimedia linier, multimedia non-linier memiliki aspek interaktif terhadap pengguna atau end-user.

Jenis multimedia ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol atau mengakses subjek multimedia tersebut.

Hal ini dapat dicontohkan lewat permainan komputer atau video game, situs jejaring, aplikasi pada ponsel pintar, menu self-services pada restoran cepat saji, dan sebagainya.

Nah, itulah tadi berbagai hal terkait multimedia yang perlu kamu ketahui lebih lanjut.

Multimedia sebagai konsep jamak dikenal dengan penggabungan berbagai macam media dalam satu perangkat atau produk komputasi tertentu.

Basis utama multimedia adalah teks, audio, dan video, hingga kemudian dikembangkan lagi seiring teknologi bertumbuh.

Silahkan hubungi kami AkseniJasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here