Tujuan Penting Product Design yang Perlu Diketahui
Tujuan Penting Product Design yang Perlu Diketahui

Jasa Video Explainer Dan Turunan – Product design sangat berperan dalam pengembangan bisnis, sebab seorang product designer akan secara konsisten memastikan bahwa produk tetap cocok dengan kondisi pasar saat ini.

 

Kamu mungkin sudah sering mendengar peran dari UI/UX designer yang berperan dalam integrasi produk keseluruhan dan menghasilkan produk yang memuaskan untuk user.

 

Nah, berikut ini terdapat beberapa tujuan penting dari product design.

 

  1. Utility

Maksud dari utility, yaitu kegunaan dari produk itu sendiri dimana produk yang akan kamu produksi untuk kemudian digunakan harus aman dan mudah sehingga user tidak akan mengalami kesulitan atau bahkan membahayakan mereka saat penggunaannya.

 

  1. Appearance

Appearance mengarah pada tampilan produk itu sendiri dimana tampilan produk harus dibuat unik dan sebaik mungkin sehingga dapat menarik user untuk menggunakan ataupun membeli produk tersebut.

 

  1. Easy to maintenance

Maksud dari easy to maintenance adalah kemudahan dalam pemeliharaan atau perawatan produk tersebut. Produk yang kamu buat harus dirancang sedemikian rupa sehingga user mudah untuk memperbaiki dan merawat produk tersebut nantinya.

 

  1. Low cost

Low cost berkaitan dengan harga produk yang akan kamu buat dimana produk yang kamu rancang harus bisa dibuat dengan biaya yang rendah agar berkompetisi dengan kompetitor di pasar. Ini karena produk yang terlampau tinggi dan tidak sesuai dengan dan harga pasar umumnya akan susah untuk memancing ketertarikan beberapa orang.

 

Baca juga : 4 Jenis Jaringan Komputer

 

  1. Communication

Communication di sini adalah suatu produk yang dibuat harus bisa mengomunikasikan filosofi dan misi bisnis atau designer kepada calon user. Dalam hal ini, usahakan membuat desain yang mudah untuk banyak kalangan sehingga target pasar produkmu dapat tercapai dan tingkat penjualan produk akan tinggi.

 

Pilihan karier seorang product designer setidaknya ada dua, kerja kantoran atau kerja mandiri. Jika kamu memilih menjadi creativepreneur, otomatis kamu yang akan menjadi lead. Selain itu, kamu juga berperan dalam membuka lapangan kerja baru. Sedangkan, jika kamu memilih kerja kantoran, akan ada berbagai jenjang kariernya, yaitu:

 

Junior product designer

Senior product designer

Product design consultant

Product design manager

 

7 Tools yang digunakan dalam product design

 

Berikut ini adalah tools yang biasa digunakan dalam product design yang mungkin dapat mempermudah kerjamu.

 

  1. Figma

Figma adalah tool yang begitu akrab di kalangan para designer. Figma punya banyak keunggulan, di antaranya: Collaboration, Figma mengover kebutuhan seorang designer untuk bisa berkolaborasi dengan tim. Kemudian, Handover, dengan Figma kamu bisa langsung handover design kepada tim.

 

  1. Sketch

Sketch adalah salah satu tool yang paling familiar di dunia UI design. Sebabnya, Sketch memiliki beberapa in app-tools yang ciamik dengan interface yang apik.

 

  1. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan aplikasi berbentuk vektor. Adobe Illustrator cocok untuk dimanfaatkan dalam pembuatan ilustrasi apapun termasuk logo dan ikon. Pasalnya, gambar-gambar tersebut akan terjaga kualitasnya, dan tidak akan pecah meski diubah-ubah ukurannya untuk menyesuaikan penggunaannya.

 

  1. Miro

Miro adalah aplikasi kolaborasi seperti whiteboard kosong tak terbatas. Di sini kamu bisa membuat apapun, mulai dari storage untuk ide dengan sticky notes digital, membuat flow, sampai dokumentasi.

 

  1. Whimsical

Aplikasi Whimsical dapat kamu gunakan untuk membuat low fidelity, kebutuhan concept testing, atau presentasi dengan para stakeholder. Selain itu, Whimsical juga bisa dipakai untuk membuat flowchart, mindmap, dan lain-lain.

 

  1. Atlassian

Atlassian adalah aplikasi kolaborasi, track dan plan, untuk berkolaborasi dengan tim. Kemudian, kamu juga dapat menggunakan Atlassian untuk membuat roadmap terkait timeline dan detail apa saja yang sedang dikerjakan. Tujuannya adalah agar pekerjaan dapat di-track dengan mudah.

 

  1. ProtoPie

ProtoPie adalah prototyping tool. Proses prototyping dalam membuat product design sangatlah penting. Nah, supaya proses tersebut bisa berjalan dengan lancar, maka dibutuhkan tool yang memadai seperti ProtoPie, yang dapat membantu kamu untuk membuat bentuk dasar rumit dengan memasukkan animasi, interaksi, dan reaksi dari tindakan pengguna.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here