4 Jenis Jaringan Komputer
4 Jenis Jaringan Komputer

Jasa Video Motion Graphic – Umumnya, kita mengenal jaringan komputer berdasarkan area dan topologi atau bentuknya. Namun berikut ini akan dijelaskan lebih luas mengenai empat jenis jaringan komputer berdasarkan area, topologi, transmisi, dan fungsinya. Adapun keempat jenis jaringan komputer itu antara lain adalah sebagai berikut.

 

  1. Jenis jaringan komputer berdasarkan area

 

Jika ditilik dari areanya, maka jaringan komputer bisa dibagi menjadi empat jenis utama yang terdiri dari:

 

Local area network

Local area network atau LAN merupakan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dalam area terbatas seperti kantor, gedung, atau ruangan di suatu gedung. LAN secara umum digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer (PC) melalui media seperti kabel koaksial, twisted pair, dan lain sebagainya.

 

Personal area network

Personal area network (PAN) merupakan jaringan komputer dengan skala terkecil berdasarkan area. Dikembangkan pertama kali oleh Thomas Zimmerman, PAN lantas menjadi jaringan komputer yang diatur untuk satu orang dalam jarak sepuluh meter atau 30 kaki.

 

 

Metropolitan area network

Metropolitan area network (MAN) merupakan jaringan komputer yang terdiri dari berbagai LAN berbeda dengan basis area geografis lebih luas. MAN umumnya digunakan oleh instansi pemerintahan dengan masyarakat maupun industri. Salah satu bentuk arsitektur MAN adalah menghubungkan LAN satu sama lain lewat saluran telepon.

 

Wide area network

Wide area network (WAN) merupakan jaringan komputer yang memiliki basis area terluas secara geografis karena bisa mencakup negara bagian atau beberapa negara. WAN secara umum lebih besar daripada MAN dan bisa terhubung lewat saluran telepon, kabel atau serat optik, hingga tautan satelit. Internet yang saat ini digunakan adalah salah satu contoh dari WAN.

 

  1. Jaringan komputer berdasarkan topologi

 

Jaringan komputer berdasarkan topologi merupakan bentuk jaringan komputer yang didasarkan pada penempatan atau formasi perangkat. Adapun beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan topologi yang umum dikenal adalah sebagai berikut:

 

Topologi bus

Topologi bus merupakan jenis jaringan komputer berdasarkan tipologi yang paling umum. Penggunaan rangkaian kabel untuk menghubungkan semua perangkat komputer disusun dengan bentuk seperti bus.

 

Topologi cincin

Jaringan komputer berbentuk cincin dibentuk berdasarkan perangkat loop dengan Switch sebagai perantara antara komputer satu dengan lainnya. Karena bersifat loop maka jaringan komputer dengan topologi cincin ini mendistribusikan pesan searah jarum jam atau berlawanan arah.

 

Topologi bintang

Jaringan komputer dengan topologi bintang berpusat pada satu router atau hub yang menghubungkan beberapa perangkat. Jaringan komputer jenis ini umum digunakan dengan bantuan ethernet unshielded twisted pair (UTP).

 

Topologi pohon

Jaringan komputer jenis topologi pohon pada dasarnya adalah kombinasi antara topologi bintang dengan topologi bus karena bentuknya. Umumnya, jaringan komputer jenis ini dibangun dengan adanya dua hub yang berfungsi sebagai pusat atau akar dari jaringan.

 

Topologi mesh

Jaringan komputer dengan topologi mesh ini merupakan topologi jaringan komputer dengan konsep perutean atau routing. Hal ini memungkinkan transfer data antar perangkat dapat diatur hanya pada tujuan tertentu saja.

 

Baca juga : Gunakan Cara Ini Untuk Download Video Pinterest

 

  1. Jaringan komputer berdasarkan fungsinya

 

Menurut fungsinya, jaringan komputer dibedakan menjadi dua jenis utama yaitu:

 

Client server

Client server merupakan jenis jaringan komputer di mana salah satu komputer menjadi server dan beberapa komputer lain berfungsi sebagai klien. Server bertugas sebagai induk atau pengelola data pada komputer klien. Sistem internet secara umum masih menggunakan jenis jaringan ini untuk mengatur pendistribusian konten atau data internet kepada para penggunanya.

 

Peer to peer

Peer to peer merupakan jenis jaringan komputer yang posisi klien serta server dapat saling berkelindan. Suatu komputer bisa menjadi klien dan server sekaligus. Peer to peer dapat memungkinkan pengguna komputer menerima dan memberikan akses data pada komputer lain dan sebaliknya. Jenis jaringan komputer ini umum digunakan pada local area network.

 

  1. Jenis jaringan komputer berdasarkan transmisi

 

Jaringan komputer ditransmisikan lewat beberapa media dan berdasarkan transmisi ini, jaringan komputer dibedakan menjadi dua jenis utama yaitu:

 

Wired network

Jika dilihat dari sumber transmisinya, jaringan komputer wired network merupakan jenis jaringan komputer yang menggunakan perantara kabel. Kabel berperan sebagai media distribusi data atau informasi.

 

Wireless network

Berkebalikan dengan jaringan komputer berbasis kabel, wireless network merupakan jaringan komputer berbasis nirkabel. Media yang digunakan dalam jaringan komputer ini umumnya meliputi inframerah, bluetooth, dan gelombang radio.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here