Jasa Video Explainer – Dalam editing video perlu juga kita memperhatikan ukuran output dari rendering video yang kita edit.

Meski terkadang kita melakukan editing video dari hasil rekaman video yang kita ambil dengan menggunakan kamera handphone.

Tapi saat proses rendering untuk menjadi sebuah video yang akan dinikmati banyak orang kita juga perlu memperhatikan ukuran outputnya.

Dalam mengecilkan ukuran video sebenarnya juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan Adobe Premiere. Dan juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang berfungsi untuk mengecilkan ukuran video.

Agar video final yang kita buat dapat kita upload dan bagikan dengan ukuran yang lebih kecil namun tetap dengan kualitas gambar yang terjaga.

Maka kita perlu mengecilkan ukuran video juga agar bisa lebih mudah diupload diberbagai platform media sosial tentunya.

Berbeda jika kamu menggunakan Adobe Premiere, di mana kamu bisa menyesuaikan dan mengatur kualitas hasil akhir video.

Dengan begitu kualitas video yang dihasilkan tetap bagus dan ukuran video berhasil dikurangi. Kalau begitu langsung saja ikuti caranya di bawah ini :

1. Mengatur Bitrate

Bitrate adalah ukuran data yang di encode dalam suatu video dengan jangka waktu tertentu.

Bitrate menjadi elemen penting yang harus diatur karena semakin besar atau tinggi bitrate. Maka ukuran video yang ingin diekspor juga akan semakin besar.

Kualitas video tidak akan semakin tajam dan jernih jika kamu membuat nilai bitrate maksimal. Justru hanya ukuran video yang akan semakin besar.

Oleh karena itu sesuaikan pengaturan bitrate sesuai dengan kualitas video yang akan diekspor. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengatur “Bitrate Encoding” menjadi VBR, 2 pass atau VBR 1 pass.

Setelah kamu mengubahnya, pada bagian paling bawah sebelum pilihan “Export”. Kamu bisa melihat perkiraan ukuran video dengan bitrate yang telah kamu atur.

Jika sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa langsung klik ‘Export”, agar video kamu langsung diproses.

Semua pengaturan ini bisa kamu munculkan dengan membuka file video yang ingin kamu ubah. Kemudian tekan “Ctrl + M” dan klik bagian “Video”. Gulir ke bawah sampai kamu menemukan pengaturan Bitrate.

Baca juga : Apakah Pekerjaan Sebagai Video Editor Bisa Menjanjikan

2. Menggunakan Format Video H.264

Mengubah format video yang sebelumnya menjadi H.264 dapat membantu menghasilkan video dengan kualitas yang tidak berkurang meskipun ukuran video berkurang.

Format H.264 adalah format yang dikembangkan khusus untuk mengecilkan ukuran video atau codec. Sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai kualitas video yang akan dihasilkan.

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu membuka file video yang ingin kamu ubah, lalu tekan “Ctrl + M” untuk membuka pengaturan ekspor video.

Lalu cari bagian “Export Settings” dan ubah format menjadi “H.264”. Jika sudah, langsung saja klik “Export” untuk memproses video.

Kedua cara mengecilkan ukuran video di atas bisa dilakukan bersamaan sebelum kamu mengekspor video. Supaya kualitas video tetap sama dan ukuran video menjadi kecil.

Ingin mengingatkan, jangan lupa untuk menonton hasil video yang telah diekspor. Dengan begitu kamu bisa melihat apakah kualitas videonya tetap sama atau tidak.

Sehingga saat terjadi sesuatu yang janggal, kamu bisa langsung memperbaikinya di Adobe Premiere.

Silahkan klik disini untuk terhubung dengan penyedia Jasa Pembuatan Video konten menarik dan professional dari kami AkseniJasa.

Kami siap menjadi jawaban dari keluh kesah Anda terhadap jasa pembuatan konten video untuk usaha yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here