Manfaat Menggunakan Hastag Dalam Berpromosi di Media Social
Manfaat Menggunakan Hastag Dalam Berpromosi di Media Social

Jasa Video Motion Graphic – Hashtag adalah label untuk konten. Dengan adanya hashtag, orang yang ingin mencari topik-topik tertentu, bisa langsung mengetik dan menemukannya dengan cepat.

Contohnya, hashtag #jasavideoanimasi, #jasaeditingvideo atau #JualanOnline.

Maka kamu cukup mengetikkan hashtag tersebut di kolom pencarian media sosial. Maka, ribuan hasil pencarian akan muncul seketika dengan topik sama.

Biasanya, hashtag dipakai di situs media sosial. Pertama kali dipakai di Twitter, namun karena dianggap praktis dan mudah dipakai.

Sekarang platform media sosial lain juga mengadopsinya, seperti Instagram, Facebook, Pinterest, dan TikTok bahkan di Marketplace.

Tujuan utama hashtag atau tagar adalah memudahkan siapapun berbagi konten tentang topik yang berkaitan di media sosial yang sama.

Misalnya, ketika kamu mengetik hashtag #gempa, maka akan muncul info atau cuitan terkini tentang gempa.

Dalam situasi darurat, hashtag sangat membantu masyarakat memperbarui informasi terbaru secara cepat.

Sepintas sudah memahami tentang hashtag, kan? Sekarang, mari kita pelajari apa saja manfaat hashtag terutama di dunia digital marketing.

1. Meningkatkan Branding Bisnis

Dengan menerapkan hashtag tertentu, brand bisnismu akan mudah ditemukan oleh pelanggan di media sosial. Itulah mengapa banyak brand yang sengaja menerapkan hashtag secara spesifik dan unik.

2. Mengelompokkan Kategori Konten

Hashtag bisa terdiri atas kata, frasa, atau judul yang memudahkan pengelompokan posting atau konten.

Kamu cukup memakai hashtag tertentu untuk membuat kategori. Nantinya, jika ingin membuka kategori tersebut, tinggal mengetik saja di kolom pencarian.

3. Konten Lintas Platform Media Sosial

Manfaat hashtag yang cukup penting adalah mempermudah pencarian konten lintas media sosial.

Dengan mengetikkan hashtag yang sama di berbagai media sosial. Maka kontenmu bisa tampil dan ditemukan audiens target. Karena itu, sangat penting memilih hashtag yang berciri khas dan berkarakter.

Baca juga : Jenis Format Video yang Populer Digunakan

Agar bisa menjangkau audiens lebih luas, kamu perlu memahami tips-tips menggunakan hashtag yang tepat. Berikut di antaranya :

Hashtag selalu diawali dengan # (tanda pagar). Tetapi, kamu harus menghindari pemakaian spasi, tanda baca, atau simbol lain di dalam hashtag.

Pastikan akun kamu bersifat publik. Jika tidak, konten yang diberi tagar tidak akan bisa dilihat oleh non-followers.

Jangan memakai terlalu banyak kata menjadi satu hashtag. Hashtag terbaik umumnya cenderung singkat, pendek, dan mudah diingat. Contohnya, #SaveIndonesia; #TogetherWeCan; #ErupsiSemeru.

Gunakan hashtag yang relevan dan spesifik. Jika terlalu ambigu, akan sulit ditemukan audiens. Bahkan, kemungkinannya tidak akan dipakai oleh pengguna media sosial lainnya.

Batasi jumlah hashtag yang digunakan. Terlalu banyak memakai hashtag malah terlihat seperti spam.

Butuh inspirasi untuk membuat hashtag yang relevan dengan kata kuncimu? Coba pakai alat online pencarian hashtag di bawah ini.

1. Hashtagify

Alat pelacak hashtag yang sangat mudah dipakai ini memungkinkan pengguna menemukan hashtag yang relevan dengan kata kuncinya.

Kamu cukup mengetik kata kunci yang diinginkan dan memeriksa popularitas hashtag yang muncul dalam sebuah laporan sederhana.

Setelah login, kamu bahkan bisa menyimpan hasil pencarian ini untuk dianalisis lebih lanjut.

2. AgoraPulse

Selanjutnya, alat online untuk pencarian hashtag adalah AgoraPulse. Platform dengan manajemen media sosial yang sederhana ini mudah dipakai siapapun.

Kamu bisa melacak kinerja platform media sosial dan menjadikannya alat analisis hashtag yang sempurna.

Tersedia fitur yang menampilkan semua posting dan terintegrasi ke lamanmu di berbagai platform media sosial dalam satu dashboard. Jadi, kamu bisa lebih mudah membalas setiap komentar atau tag yang masuk.

3. Brand24

Alat online pencarian hashtag di media sosial selanjutnya adalah Brand24.

Platform ini mampu melacak dan menganalisis hashtag di berbagai forum, website, blog, platform media sosial, dan masih banyak lagi.

Data yang terkumpul akan disajikan dalam bagan yang mudah dibaca dan dipahami. Kamu sebagai pengguna akan lebih mudah menganalisis dan mendapat gambaran performa hashtag selama ini.

Silahkan hubungi kami AkseniJasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here