Cara Membuat Iklan Gambar dan Video yang Menarik untuk Produk Bisnis

Cara Membuat Iklan Gambar dan Video yang Menarik untuk Produk Bisnis
930 x 180 AD PLACEMENT

Jasa Pembuatan IklanDalam memasarkan produk, para pelaku bisnis perlu mengenal yang namanya alat pemasaran. Secara umum, terdapat dua alat pemasaran yang paling sering digunakan dalam dunia marketing, yakni gambar dan video.

Bagaimana cara membuat iklan gambar dan video yang menarik untuk menggaet calon konsumen ? Yuk cari tahu.

Marketing dengan Iklan Gambar

Dibandingkan hanya dengan tulisan saja, fotografi mampu menyampaikan pesan hingga 3x lipat lebih efektif. Hal ini telah dibuktikan melalui berbagai survei yang pernah dilakukan oleh para pakar. Tidak heran jika cara membuat iklan produk seringkali mengikutsertakan elemen fotografi.

Dalam dunia marketing, gambar sendiri memiliki beberapa tipe. Yakni fotografi, poster, infografik, ilustrasi, gambar bergerak (gif), dan lain lain. Pemilihan tipe gambar dalam iklan perlu disesuaikan dengan bidang bisnis yang dijalankan. Misalnya bisnis kuliner, fotografi adalah jenis gambar yang paling cocok dipakai sebagai alat marketing.

Kenapa ? Itu karena fotografi menggunakan gambar nyata dari suatu produk. Sehingga rasa dari makanan bisa tergambarkan dan tersampaikan pada audiens melalui fotografi.

Kelebihan iklan gambar di antaranya yaitu:

  • Waktu produksi iklan lebih cepat
  • Hanya butuh waktu 3 detik untuk menentukan apakah produk menarik untuk dilihat
  • Biaya pembuatannya lebih terjangkau dari iklan video
  • Terbukti efektif hingga 3x lipat dibandingkan tulisan
  • Hemat ukuran dan lebih cepat di-load oleh audiens

Sementara itu, kekurangannya adalah:

  • Cenderung kalah menarik dibandingkan iklan video
  • Pesan yang dapat disampaikan lebih terbatas

Marketing dengan Iklan Video

Selain gambar, video merupakan salah satu alat marketing yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Tidak heran jika kini semakin banyak aplikasi membuat iklan video yang bisa ditemukan untuk menunjang kebutuhan tersebut.

Apalagi belakangan video sebagai alat marketing semakin populer lantaran dinilai efektif dalam menarik audiens dan menyampaikan pesan.

Video marketing bahkan disebut sebut sebagai masa depan dari dunia pemasaran digital. Hal tersebut telah disampaikan oleh beberapa ahli marketing. Sebab video sudah menjadi trend dalam berbagai media sosial saat ini.

Cara Buat Iklan Gambar dan Video Menarik Untuk Produk Bisnis,

Sebut saja seperti YouTube, TikTok, dan Instagram, yang mana konten utamanya didominasi oleh video. Dimana ketiga platform tersebut tercatat mempunyai banyak sekali pengguna. Sehingga ditengarai bahwa dunia pemasaran akan didominasi oleh video hingga satu dekade ke depan.

930 x 180 AD PLACEMENT

Adapun kelebihan dari iklan video yaitu:

  • Butuh waktu 10 detik untuk menentukan apakah produk menarik untuk dilihat
  • Pesan yang disampaikan lebih lengkap dan bisa fleksibel
  • Terbukti lebih menarik hingga 3x lipat dibandingkan iklan dalam bentuk gambar

Sedangkan kekurangan iklan video antara lain:

  • Biaya produksi lebih besar dari iklan gambar
  • Produksinya memakan waktu yang lebih lama

Iklan Gambar VS Iklan Video ?

Cara membuat iklan gambar dan video memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing. Lantas, manakah yang paling sesuai untuk produk anda ? Tentunya menentukan hal ini perlu disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh perusahaan.

Jika ingin menyampaikan pesan lebih baik, maka iklan video tentu menjadi pilihan tepat. Akan tetapi, pilihan ini bisa menjadi masalah untuk kelancaran bisnis apabila budget habis hanya untuk membuat video iklan.

Sehingga menggunakan iklan gambar akan menjadi pilihan yang lebih bijak. Karena pada dasarnya baik gambar maupun video bisa menjadi alat marketing yang efektif.

Sukses tidaknya marketing akan bergantung pada ide, konsep, serta apa yang ada di dalam iklan tersebut. Meskipun anda sudah menggunakan video, tidak akan ada yang tertarik pada produk apabila konsep yang diusung tidak menarik.

Jadi, tidak masalah menggunakan gambar ataupun video sebagai cara membuat iklan produk. Apabila anda memiliki budget sedikit lebih banyak, boleh juga mempertimbangkan menggunakan kedua alat tersebut secara bersamaan untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Agar dapat meningkatkan awareness, interaksi harian dengan konsumen, hingga meningkatkan penjualan, anda bisa serahkan pembuatannya pada jasa pembuatan iklan animasi modern dan murah yang profesional.

Cara Membuat Iklan yang Bagus dan Efektif

1. Memahami Produk yang Akan Diiklankan

Agar iklan efektif dalam menyampaikan pesan dan dapat menarik minat audiens, maka anda perlu memahami terlebih dahulu produk yang akan diiklankan.

Manfaatkan metode analisis SWOT untuk memahami tentang suatu produk. Yakni kekuatan produk (Strengths), kelemahan produk (Weaknesses), peluang produk (Opportunities), dan hal yang mengancam produk (Threats).

Setelah mendapatkan semua data terkait SWOT tersebut, maka anda nantinya akan menemukan pondasi mengenai kenapa dan bagaimana iklan seharusnya dibuat.

Informasi yang bisa dijadikan sebagai dasar pembuatan iklan akan semakin akurat apabila semakin dalam pemahaman anda tentang produk. Sehingga proses pembuatan iklan pun menjadi minim kendala dan lebih lancar dari awal sampai akhir.

2. Menentukan Tujuan Pembuatan Iklan

Cara membuat iklan produk yang bagus harus menentukan tujuannya terlebih dahulu. Karena setiap produk akan memiliki tujuan iklan yang berbeda.

Contohnya penjual online akan membuat iklan supaya customer yang mendatangi online shop mereka menjadi lebih banyak, serta melakukan pembelian. Sementara content creator atau pengelola portal berita akan membuat iklan untuk meningkatkan traffic situs mereka.

Jadi setiap produk yang berbeda dapat mempunyai tujuan yang berbeda pula. Sehingga anda perlu menentukannya sebelum membuat iklan. Dengan begitu, maka ada target yang akan menjamin kelayakan atas iklan yang dibuat.

3. Cek Kondisi Pesaing Bisnis

Saat membuat iklan, ternyata penting untuk mencari tahu kondisi kompetitor bisnis anda. Kenapa ? Karena dengan cara ini, anda bisa memperoleh modal untuk masuk ke pasar dengan lebih efektif.

Anda bisa melakukan riset mendalam terkait strategi pesaing, posisi produk dan perusahaan di market, bagaimana perilaku konsumennya, dan perubahan pasar yang terjadi.

Dari sana anda bisa mengetahui apakah metode pengiklanan yang dilakukan oleh kompetitor mampu memberikan efek positif atau tidak. Jadi jangan lupa perhatikan bagaimana respon konsumennya.

Sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk menentukan langkah strategis dalam merancang iklan produk. Namun hindari untuk melakukan duplikasi atau plagiasi, sesuaikan konten iklan dengan produk anda sendiri dengan cara improvisasi.

4. Memilih Saluran Pemasaran yang Digunakan

Cara membuat iklan yang bagus berikutnya yaitu mempertimbangkan saluran pemasaran yang akan digunakan. Dimana masing masing saluran ini memiliki karakteristik masing masing, sehingga dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut simak perbandingannya.

Saluran PemasaranKeterangan
Video marketingIklan video dapat ditampilkan di sejumlah platform, termasuk media sosial. Seperti YouTube, Instagram, TikTok,  dan lain sebagainya.
E-mail marketingSaluran pemasaran yang dapat mengirimkan pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui e-mail.
Paid searchSaluran pemasaran berbayar untuk ditampilkan pada situs tertentu atau mesin pencari.
Paid socialSaluran pemasaran berbayar yang ditampilkan di sejumlah media sosial, seperti TikTok, Instagram, Twitter, atau Facebook.

5. Perhatikan Unsur Unsur Iklan

Cara membuat iklan gambar dan video yang menarik harus memperhatikan unsur unsur iklan. Memperhatikan unsur unsurnya akan membantu anda membuat iklan yang efektif dalam menyampaikan pesan dan menarik minat pelanggan.

Berikut beberapa unsur penting dalam iklan.

  • Headline. Elemen headline merupakan salah satu yang sangat penting dalam iklan. Karena dari headline inilah audiens akan menentukan apakah mereka akan lanjut membaca dan menonton iklan atau tidak. Tips membuat headline iklan yang menarik yaitu singkat, jelas, dan memasukkan manfaat utama dari produk.
  • Identitas merek. Identitas merek akan membantu audiens mengidentifikasi produk anda, sehingga unsur ini juga sangat penting dalam sebuah iklan. Identitas merek bisa berupa slogan, logo, maupun elemen visual lainnya terkait merek dagang bisnis.
  • Tujuan iklan. Tujuan iklan sudah ditentukan di awal, sehingga iklan yang dibuat harus dipastikan sesuai dengan tujuan tersebut. Apakah meningkatkan awareness merek, meningkatkan penjualan, atau mengarahkan audiens ke situs web.
  • Target pasar. Identifikasi target pasar dengan jelas, kemudian perhatikan perilaku mereka, kebiasaan, dan preferensinya untuk merancang iklan.
  • Deskripsi produk. Iklan perlu mencakup deskripsi produk agar dapat mengedukasi audiens. Dimana deskripsi ini harus menjelaskan bagaimana produk dapat memenuhi kebutuhan target pasar. Penting agar deskripsi produk dibuat singkat dan mencakup manfaat utama produk.
  • Gambar atau video. Gambar dan video adalah dua alat marketing yang paling efektif. Adanya unsur ini akan memperkuat pesan iklan dan menarik perhatian target pasar. Pastikan gambar dan video yang digunakan mempunyai kualitas baik serta relevan dengan produk.
  • Call to action. Call to action atau tindakan panggilan tidak boleh dilupakan dalam iklan. CTA ini pun harus spesifik dan jelas, seperti ‘Kunjungi situs web kami’, ‘Daftar sekarang’, atau ‘Pesan sekarang’. Sehingga audiens akan tergerak untuk melakukan tindakan tersebut setelah melihat iklan.

6. Cari Ide yang Fresh untuk Membuat Iklan

Setelah mengetahui unsur unsur iklan, mulailah dengan menciptakan iklan melalui ide yang masih segar. Anda perlu melakukan brainstorming untuk memunculkan ide baru yang fresh. Misalnya dengan menuliskan konsep, frasa, kata, atau mulai dari pilihan gambar yang ingin dipakai dalam iklan.

Anda bisa mengacu pada rumus ‘SUPER A’ sebagai cara membuat iklan yang bagus. SUPER A adalah singkatan dari Simple, Unexpected, Persuasive, Entertaining, Relevant, dan Acceptable.

Jadi iklan dikemas dengan sederhana, tidak terduga, memiliki daya bujuk kepada audiens, mampu menghibur, terdapat sangkut paut dengan produk, serta dapat diterima oleh pembaca atau penonton.

7. Merancang Desain Iklan

Apabila beberapa ide sudah terkumpul, cara membuat iklan gambar dan video berikutnya yaitu merancang desainnya.

Dalam merancang desain ini, anda bisa berdasar pada rumus AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action). Sehingga iklan mampu memenuhi syarat sebagai berikut.

  • Menarik perhatian.
  • Membangun minat.
  • Meningkatkan keinginan.
  • Meyakinkan calon konsumen.
  • Menciptakan tindakan untuk melakukan pembelian produk yang telah diiklankan.

8. Tampilkan Pesan yang Sama pada Semua Iklan

Media yang digunakan untuk beriklan biasanya tidak hanya satu. Namun ingat untuk memasukkan pesan yang sama pada semua iklan tersebut. Baik tampilan maupun kesan yang ingin disampaikan, sebaiknya tetap gunakan template yang sama.

Tujuannya yaitu agar audiens tidak kebingungan dalam mendapatkan informasi melalui iklan anda. Karena tentu ada kemungkinan mereka melihat iklan anda melalui beberapa media yang berbeda. Sehingga menampilkan pesan yang sama pada semua iklan akan memperbesar peluang iklan tersebut efektif mempengaruhi audiens.

9. Buat Pencitraan Warna yang Sama dengan Brand

Selain menampilkan pesan yang sama pada semua iklan, anda juga dapat membuat pencitraan warna yang sama dengan brand. Baik dari segi pengelolaan maupun pembuatan, media online advertisement memang mempunyai banyak kemudahan. Sehingga pemilihan warnanya bisa dilakukan dengan mudah.

Jadi anda bisa menciptakan pencitraan warna pada iklan, yang sama dengan warna brand. Hal ini nantinya memudahkan konsumen dalam mengenali brand anda. Mereka pun dapat membedakan produk anda dari brand kompetitor dengan cepat.

10. Evaluasi Iklan yang Telah Ditayangkan

Terakhir, jangan cepat merasa puas dengan iklan yang anda buat. Pengiklan harus melakukan analisis terhadap iklan yang ditayangkan dan mengevaluasinya pasca kampanye dijalankan. Coba perhatikan bagaimana respons dari audiens, apakah prosesnya berjalan sesuai harapan atau justru sebaliknya.

Dengan begitu, maka anda bisa menghindari kesalahan yang sama pada proyek pembuatan iklan selanjutnya. Bahkan iklan yang dibuat berikutnya bisa lebih bagus dan efektif menarik perhatian target konsumen.

Aplikasi untuk Membuat Iklan Produk

1. Powtoon

Aplikasi membuat iklan video yang bisa anda gunakan salah satunya yaitu Powtoon. Aplikasi ini dirancang secara khusus untuk membuat video tutorial atau explanatory.

Ada banyak pilihan karakter, teks, objek, dan properti yang bisa digunakan untuk melengkapi video iklan anda. Gaya animasi pada video tutorial pun dapat dibuat semenarik mungkin dengan mengandalkan aplikasi Powtoon ini.

2. Canva

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Canva ? Rasanya aplikasi ini menjadi salah satu software editing yang paling populer digunakan. Anda bisa memanfaatkan fitur fiturnya sebagai cara membuat iklan video yang menarik. Baik gambar maupun video bisa diedit menggunakan Canva, semua bisa dilakukan untuk membuat media promosi.

Bahkan di dalamnya sudah dilengkapi dengan bantuan penataan halaman dan terdapat template yang bisa langsung digunakan. Sehingga anda tidak perlu bingung saat mendesain iklan, atau khawatir komposisinya tidak seimbang.

Menariknya lagi, pengguna bisa membuat media iklan secara gratis karena Canva tidak mengharuskan user untuk membayar terlebih dahulu agar dapat memakai fitur fiturnya.

3. Brochure Maker

Cara membuat iklan gambar yang menarik bisa anda lakukan dengan mengandalkan aplikasi Brochure Maker. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa dipakai untuk membuat desain brosur dan poster produk.

Sudah disediakan template brosur yang bisa langsung digunakan, jadi anda tidak perlu bingung dalam mendesainnya. Namun aplikasi juga tetap memungkinkan pengguna untuk mendesain sendiri dari nol.

Anda akan dibantu oleh petunjuk petunjuk yang tersedia untuk membuat brosur promosi yang baik. Yang mana terdapat berbagai model brosur disediakan pada Brochure Maker, sehingga anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan promosi yang dilakukan.

4. VideoShow

VideShow disebut sebagai salah satu aplikasi membuat iklan video terbaik. Bukan tanpa alasan, sebab aplikasinya dilengkapi dengan banyak sekali fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam membuat iklan.

Seperti fitur edit background video, berbagai gaya font, tema, dubbing video, fantastic material center, dan lain sebagainya. Dengan alat pengeditan video profesional, tidak heran jika VideoShow dikenal sebagai aplikasi editor all in one.

Bahkan anda bisa langsung membagikan video yang telah diedit ke media sosial yang anda miliki. Sangat praktis bukan ?

5. FilmoraGo

Cara membuat iklan video yang menarik semakin mudah dengan FilmoraGo. Ini adalah pilihan apabila anda mencari aplikasi edit video tanpa watermark.

Apalagi anda bisa menggunakannya secara gratis tanpa biaya sepeserpun, sangat cocok bagi pelaku bisnis yang mempunyai dana terbatas untuk keperluan marketing.

Meskipun gratis, namun FilmoraGo tidak bisa disepelekan dan dipandang sebelah mata. Sebab fitur edit video yang ditawarkan sudah sekelas profesional. Sehingga mampu menghasilkan iklan produk yang menarik perhatikan.

Fitur fitur yang disediakan pun sangat mudah digunakan dan praktis. Seperti filter yang bervariasi, beragam animasi untuk subtitle, trim, overlays, dan lain lain.

Aktivitas pengeditan dengan semua fitur tersebut bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui genggaman smartphone anda. Karena FilmoraGo sudah tersedia di Google Play Store dan dapat diunduh secara gratis.

6. Adobe Express

Adobe Express masih berada dalam satu jaringan dengan Adobe Photoshop, salah satu aplikasi editing profesional yang sudah dikenal secara luas.

Sehingga anda tidak perlu meragukan kembali kualitas yang ditawarkan oleh aplikasi Adobe Express ini. Seperti program Adobe lainnya, anda bisa memanfaatkan perangkat lunak untuk pembuatan pamflet, flyer, dan brosur.

Ada berbagai item di dalam aplikasi yang bisa digunakan untuk melengkapi tampilan media iklan. Beberapa template pun sudah tersedia untuk mendukung pengiklanan produk. Dan template template bagus ini bisa anda temukan pada versi gratis.

Apabila menginginkan lebih banyak template dan fitur profesional, anda bisa beralih ke akun pro yang menggunakan sistem berlangganan bulanan.

7. Adobe InDesign

Masih dari Adobe Creative, ada juga Adobe InDesign yang bisa dijadikan pilihan selain Adobe Express. Bila dibandingkan dengan Adobe Express, aplikasi satu ini cenderung lebih profesional. Karena pada dasarnya aplikasi memang dirancang untuk mengincar para desainer profesional.

Anda bisa mendesain poster atau brosur promosi dengan mengandalkan fitur fitur apik yang disediakan dalam aplikasi. Fitur ini membuat pengguna bisa semakin bebas dalam berkreasi. Bahkan anda bisa mengimpor file dari komputer untuk memudahkan editing.

Sayangnya, fitur gratis pada Adobe InDesign tidak seluas yang dimiliki Adobe Express. Namun jika anda beralih ke akun pro, maka ada lebih banyak fitur yang bisa dinikmati pada aplikasi ini.

8. Poster Maker

Poster Maker menjadi aplikasi berikutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara membuat iklan yang bagus. Sesuai namanya, aplikasi dikhususkan bagi pengguna yang ingin membuat poster untuk media promosi.

Anda dapat memperoleh berbagai item dan mengimpor media dari perangkat selama proses pembuatan poster. Melakukan pengeditan gambar pun tidak perlu repot menginstal aplikasi lain, karena pengeditan gambar yang diimpor juga bisa langsung dilakukan dalam aplikasi.

Pengeditan dan pembuatan desain bisa langsung anda lakukan melalui satu aplikasi saja. Setelah poster selesai dibuat, anda juga dapat membagikannya secara langsung ke beberapa media sosial.

9. Splice

Splice adalah aplikasi yang sangat cocok bagi pengguna setia iPhone atau iPad. Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis melalui AppStore ini termasuk menghadirkan fitur lengkap. Mulai dari slow motion, multiple track, filter, trim clips, dan beragam backsound bisa anda gunakan sebagai cara membuat iklan video yang menarik.

10. Video ToolBox

Video Toolbox tidak hanya dapat digunakan untuk mengedit video. Aplikasi ini dikenal punya fungsi tambahan yang unik. Karena anda bisa memperoleh informasi terkait resolusi video, bitrate, codec, dan frame ratenya.

Membuat iklan gambar maupun iklan video yang menarik bisa dibilang gampang gampang susah. Jadi jika ingin hasil yang profesional, menggunakan jasa pembuatan video iklan dapat menjadi pilihan apabila anda punya budget lebih. Langsung saja klik di sini untuk temukan jasa profesional yang murah, berkualitas, dan hasil cepat.

930 x 180 AD PLACEMENT

Seseorang yang suka Dunia Blog, Berbisnis, Digital Marketing, SEO, Paid Ads, Motion, Animation, Editing, IT, Website, Desain dan K3 Industri 😎

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
930 x 180 AD PLACEMENT
Butuh Bantuan