Jasa Video Explainer – Sesuai yang sudah diatur pada UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang defenisi dari usaha mikro, kecil dan menengah. Usaha mikro adalah usaha yang mempunyai aset maksimal sampai Rp50 juta dan untuk omset pertahun maksimal mencapai Rp300 juta.

 

Sedangkah usaha kecil adalah usaha yang mempunyai aset diantara Rp50 juta hingga Rp500 juta, dan untuk omset pertahunnya dikisaran Rp300 juta sampai Rp2,5 miliar. Usaha menengah adalah usaha yang memiliki jumlah aset antara Rp500 juta sampai dengan Rp10 Milyar, dan omset per tahun Rp2,5 miliar sampai dengan Rp50 miliar.

 

Salah satu masalah yang sering dihadapi UKM adalah keterbatasan modal yang tentunya akan berdampak pada besarnya anggaran pemasaran. Hal ini menjadi sangat dilematis bagi UKM, karena di satu sisi harus menghemat anggaran sedemikian rupa karena keterbatasan modal, sehingga terkadang harus meniadakan anggaran untuk pemasaran. Di sisi lain, kegiatan pemasaran adalah garis depan perusahaan untuk meningkatkan omset perusahaan.

 

Lalu bagaimana solusinya? Apakah UKM juga bisa melakukan kampanye pemasaran digital dengan keterbatasan modal usahanya ?

 

Pemasaran, termasuk pemasaran digital, adalah suatu keharusan bagi perusahaan di skala bisnis apa pun. Artinya, UKM pun juga perlu menjalankannya untuk meningkatkan omset dan memperbesar skala bisnisnya. Dan apabila Anda adalah pelaku UKM, berikut beberapa tips untuk melakukan kampanye digital marketing yang cocok:

 

Lebih baik melakukan pemasaran digital dengan anggaran kecil daripada tidak sama sekali

Langkah pertama untuk melakukan kampanye pemasaran digital adalah menentukan besarnya anggaran per bulan. Anggaran pemasaran digital sekecil apa pun akan berguna untuk meningkatkan omset perusahaan, dibanding tidak melakukan pemasaran sama sekali.

 

 

Lakukan alih daya pemasaran digital

 

Selain finansial, melakukan kampanye digital marketing juga memerlukan sumber daya manusia. Memiliki tim internal untuk melakukan kampanye pemasaran digital bagi UKM akan terlalu mahal dan membebani biaya operasional perusahaan.

 

Menggunakan jasa freelancer dapat menjadi pilihan yang tepat bagi UKM untuk menghemat waktu dan sumber daya finansial. Karena tim ini dibentuk hanya berdasarkan proyek atau penugasan, sehingga tidak membebani biaya operasional UKM.

Baca juga : Jasa Pembuatan Video Company Profile Untuk Menunjang Brand Usaha 

Gunakan iklan mesin pencarian daripada SEO

 

Apabila mesin pencarian Google dipilih sebagai salah satu platform untuk pemasaran digital, maka beriklan di mesin pencarian (Pay Per Click Ads) dirasa lebih tepat daripada melakukan optimasi mesin pencarian (SEO) bagi UKM.

 

Melakukan SEO itu seperti membeli dan memiliki sebuah rumah, sedangkan beriklan di mesin pencarian ibarat menyewa rumah. Secara jangka panjang memang SEO akan lebih menguntungkan dan murah daripada beriklan di mesin pencarian. Tetapi untuk melakukan SEO dibutuhkan dana lebih besar. Selain itu, manfaat SEO baru bisa dinikmati secara jangka panjang.

 

Konsistensi dan berkesinambungan

Konsistensi dan berkesinambungan dalam jangka panjang lebih penting daripada melakukan kampanye digital marketing secara besar-besaran namun hanya sekali dilakukan, lalu berhenti dan tidak pernah melakukan lagi seterusnya.

 

Konsistensi dan berkesinambungan dalam melakukan kampanye pemasaran digital sangat penting untuk membangun brand awareness perusahaan, karena audiens perlu selalu diingatkan tentang eksistensi brand.

 

Oleh karena itu, lebih baik Anda mengatur anggaran pemasaran digital kecil setiap bulannya tapi selalu ada dalam jangka panjang, daripada anggaran besar tetapi hanya untuk sekali saja.

 

Silahkan klik disini untuk terhubung dengan penyedia Jasa Pembuatan Video konten menarik dan professional dari kami Akseni Jasa. Kami siap menjadi jawaban dari keluh kesah Anda terhadap jasa pembuatan konten video untuk usaha yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here