Mengenal Sinematografi, Elemen & Unsur-Unsurnya Lebih Dalam

Mengenal Sinematografi, Elemen & Unsur-Unsurnya Lebih Dalam
930 x 180 AD PLACEMENT

Jasa Pembuatan Video Company Profile Murah – Sinematografi adalah istilah yang tentunya sudah tidak asing. Sinematografi adalah seni dan teknologi fotografi gambar bergerak. Hal tersebut berkaitan dengan proses menangkap dan membuat footage untuk film, iklan, video game, dan program televisi lainnya.

Untuk dapat menceritakan sebuah cerita dalam film, bukan hanya tentang merekam aksinya saja, namun bagaimana gambar dapat diambil dengan baik.  Itulah yang menjadikan proses sinematografi penting dalam pembuatan film.

Pengertian Sinematografi

Tertarik menjadi sinematografer? Ketahui dulu lebih jauh mengenai sinematografi beserta tekniknya berikut ini.

Sinematografi adalah penciptaan gambar yang kamu lihat di layar. Serangkaian shots atau gambar akan membentuk narasi yang saling berkaitan. Sinematografi menyusun setiap gambar dengan mempertimbangkan dimana bagian mana yang membutuhkan fokus atau perhatian.

Sinematografi adalah proses menangkap dan merekam gambar bergerak yang mana melibatkan kamera, lensa, filter, dan berbagai macam peralatan lain untuk dapat menciptakan shots film atau video.

Elemen yang terdapat pada Sinematografi

Nah, sinematografer sendiri seringkali ditugaskan untuk menentukan jenis lensa yang harus digunakan untuk menangkap perspektif atau suasana hati tertentu dengan baik saat proses pembuatan film.

Sinematografi adalah seni yang kompleks dan sangat teknis yang mungkin sulit untuk dipahami.Terdapat berbagai macam elemen yang ada di dalamnya. Namun, ada tiga komponen elemen paling penting yang ada pada sinematografi :

  1. Framing
  2. Pergerakan kamera
  3. Teknik sinematografi

Sinematografi sangat penting dalam kaitannya dengan cerita film. Proses ini bertanggung jawab atas mood, suara, dan suasana yang mengelilingi apa yang dilihat penonton di layar.

Menciptakan hubungan emosional dengan penonton melalui cahaya, warna, sudut kamera, pilihan lensa, dan komposisi merupakan hal yang harus diperhatikan oleh seorang sinematografer.

Baca juga : Aplikasi – Aplikasi yang Memudahkan Convert Video

Unsur-unsur sinematografi

Peran sinematografer sangat penting selama proses produksi dan berhubungan erat dengan lensa kamera sutradara untuk membuat gambar terbaik. Memiliki kamera, mengetahui perbedaan lensa kamera, dan teknik pencahayaan merupakan kemampuan yang harus dimiliki sinematografi.

Selain itu, dalam proses sinematografi terdapat beberapa unsur yang harus dipertimbangkan oleh sinematografer. Adapun unsur-unsur tersebut, yaitu:

930 x 180 AD PLACEMENT

1. Pergerakan kamera

Unsur pertama dalam sinematografi adalah camera movement yang penting untuk meningkatkan emosi dan ketegangan dalam suatu adegan. Menggerakan kamera mengikuti para karakter untuk mendapatkan berbagai perspektif merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar kamera tetap statis. Kestabilan dalam menggerakkan kamera sangat penting dalam meminimize kesalahan pergerakan. Jangan sampai hasil sinematografi menjadi jelek diakibatkan banyaknya goncangan.

2. Penempatan kamera

Unsur lain sinematografi adalah dimana kamu akan menempatkan kamera. Hal ini akan mempengaruhi reaksi penonton terhadap bidikan kamera dan keseluruhan adegan. Unsur ini memiliki dampak emosional yang signifikan hingga menyampaikan perilaku para karakter.

3. Pencahayaan

Meskipun terdapat staf yang mengatur pencahayaan, sinematografi menuntutmu harus memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut. Bagaimanapun, sinematografi adalah apa yang penonton lihat di layar dan seberapa baik atau buruk suatu adegan dapat dipengaruhi dari aspek pencahayaan.

4. Komposisi shot

Acuan komposisi pada sinematografi adalah cara elemen adegan diatur dalam frame kamera. Shot composition mengacu pada pengaturan unsur visual untuk menyampaikan pesan yang diinginkan.

5. Fokus kamera

Salah satu bagian dari sinematografi adalah memainkan fokus kamera untuk menekankan berbagai aspek cerita. Terdapat berbagai jenis fokus kamera yang tersedia, masing-masing memiliki fungsi dan nilai cerita tersendiri.

6. Ukuran shot

Unsur penting lain dari sinematografi adalah mengukur seberapa besar suatu adegan terlihat di layar. Misalnya, untuk melihat perubahan ekspresi karakter, sinematografer akan melakukan close-up pada subjek.

Silahkan hubungi kami AkseniJasa untuk pembuatan video company profile murah bagi bisnis Anda di 083878617621 (WA).

930 x 180 AD PLACEMENT

Seseorang yang suka Dunia Blog, Berbisnis, Digital Marketing, SEO, Paid Ads, Motion, Animation, Editing, IT, Website, Desain dan K3 Industri 😎

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
930 x 180 AD PLACEMENT
DAFTAR ISI
Butuh Bantuan