Kenalan Yuk Dengan Sistem Operasi Komputer
Kenalan Yuk Dengan Sistem Operasi Komputer

Jasa Video Company Profile – Sudahkah kamu mengerti apa pengertian dari sistem operasi komputer? Untuk membantu kamu memahami lebih dalam mengenai apa itu sistem operasi komputer, baca ulasan di bawah ini.

 

Sistem operasi komputer merupakan software pada komputer yang melakukan kontrol serta manajemen hardware, dan segala operasi dasar sistem termasuk mengoperasikan software aplikasi, seperti program pengolah data yang berguna untuk mempermudah kegiatan manusia.

 

Fungsi sistem operasi komputer

 

Dalam prakteknya ada terdapat 4 fungsi dari adanya sistem operasi komputer ini yang perlu Anda ketahui, antara lain :

 

Manajemen perangkat

Fungsi pertama dari sistem operasi komputer yaitu sebagai pengontrol atau pengatur jalannya komunikasi antar perangkat yang dilakukan dengan melewati semua driver. Dalam mengurus hal tersebut diatur oleh pihak I/O Controller.

 

Manajemen prosesor

Fungsi dari sistem operasi komputer lainnya adalah manajemen prosesor, dimana adanya sistem operasi komputer dapat mendukung proses multiprogramming. Proses ini untuk menetapkan pada tingkat mana yang menggunakan prosesor dalam jangka waktu tertentu.

 

Manajemen memori

Pada fungsi sistem operasi komputer kali ini terbagi dalam 2 macam, primary memory dan main memory. Primary memory berarti kebutuhan penyimpanan yang diutamakan, seperti RAM. Sedangkan main memory berarti penyimpanan yang dapat diakses langsung lewat CPU (Central Processing Unit).

 

Manajemen file

Fungsi sistem operasi komputer yang terakhir yaitu manajemen file, dimana dapat digunakan untuk melakukan pembentukan file dokumen dari awal sampai akhir yang mengontrol apa saja kebutuhan informasi.

 

Selain itu juga mengatur lokasi, fungsionalitas sistem, serta fitur lainnya. Pada tingkat pengaturan tersebut dapat disebut dengan file system, yang umumnya dimasukkan dalam direktori pencarian dengan tujuan memudahkan penggunaannya.

 

Baca juga : 7 Jenis Sistem Operasi Komputer

 

Cara kerja sistem operasi komputer

Alasan utama untuk memiliki sistem operasi komputer adalah untuk mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak. Selain itu, sistem operasi komputer juga menyediakan layanan umum yang diperlukan untuk menjalankan program yang diinstal. Ini berfungsi sebagai perantara antara perangkat keras dan program apa pun yang dijalankan di perangkat komputer.

 

Beberapa hal yang sistem operasi bantu selesaikan termasuk mengelola input dari pengguna, mengirim output ke perangkat output, manajemen ruang penyimpanan, dan kontrol perangkat periferal. Untuk lebih memahami sistem operasi, lihat penggunaan sumber daya komputer sebagai persimpangan yang sibuk.

 

Hal-hal bisa menjadi sangat berantakan jika persimpangan tidak memiliki lampu lalu lintas. Seperti halnya dengan lampu, sistem operasi komputer membantu memastikan bahwa pengguna dan program yang berbeda mengakses sumber daya komputasi yang tersedia dengan cara yang efisien.

 

Tanpa sistem operasi komputer, setiap program akan membutuhkan sarana untuk menangani semua komponen dan perangkat keras komputer. Ini berarti akan membutuhkan metode untuk menerima input pengguna menggunakan keyboard dan mouse, untuk mencetak dokumen, membaca dan menulis di perangkat penyimpanan, untuk melacak waktu, mengirim output ke layar dan bahkan untuk berkomunikasi melalui jaringan. Hal tersebut akan menyebabkan setiap program menjadi sangat luas dan berat.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here