Kegunaan OBS Studio yang Membedakan dari Aplikasi Lain
Kegunaan OBS Studio yang Membedakan dari Aplikasi Lain

Jasa Video Explainer – Open Broadcaster Software Studio atau OBS adalah sebuah perangkat lunak atau software bersifat open source (gratis) yang kegunaannya sebagai perekam video offline dan live streaming kompatibel dengan Mac, Windows, maupun Linux. Melalui bantuan dari OBS, video dan kualitas streaming menjadi semakin maksimal berkat bantuan dari fitur-fitur di dalamnya.

 

OBS adalah salah satu komponen penting dalam melakukan live streaming. Seiring majunya perkembangan teknologi, kini cara tepat untuk memasarkan produk supaya terjangkau luas oleh konsumen adalah dengan melakukan live streaming.

 

Selain itu, melalui live streaming calon konsumen akan lebih mudah berinteraksi langsung dengan penjual dan melihat bagaimana kondisi produk secara keseluruhan.

 

Salah satu komponen perangkat penting dalam melakukan live streaming adalah OBS. OBS adalah solusi tepat untuk mempermudah proses live di suatu platform atau media sosial.

 

Di samping itu, sudahkah kamu tahu apa pengertian dari OBS, kegunaan, kelebihan, kekurangan, fitur-fiturnya, hingga cara menggunakannya? Pada pembahasan kali ini, mari simak mengenai serba-serbi dari OBS.

 

Sebenarnya, di luar sana masih banyak aplikasi atau software lain yang memiliki fungsi sama seperti OBS, yakni sebagai teknologi bantuan untuk melakukan live streaming. Akan tetapi, di sini masih ada kegunaan OBS Studio lainnya yang berbeda dari aplikasi lain. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

 

  1. Secara real-time memantau live streaming

 

Salah satu alasan mengapa OBS sangat terkenal di kalangan gamer adalah karena Twitch (layanan streaming game) menjadi satu dari sekian banyak sponsor yang mendukung OBS. Twitch adalah layanan video game yang peminatnya lumayan banyak.

 

Oleh karena itu, dengan bantuan aplikasi OBS channel mereka lebih bervariasi dan menarik, berkat dukungan fitur add image ataupun penambahan komentar secara real-time.

 

Baca juga : Cara Menggunakan OBS Studio

 

Singkatnya, sebagai streamers kamu bisa bermain sekaligus berinteraksi langsung dengan penonton melalui aplikasi OBS. Tak perlu ada penambahan aplikasi lain, kamu dapat merasakan fitur ini hanya dengan mengubah beberapa pengaturan saja.

 

  1. Menjadikan video terlihat profesional

 

Umumnya, ketika merekam sebuah video kita akan menggunakan kamera dari laptop seadanya. Namun, kali ini kamu bisa mencari cara lain agar video tampil lebih profesional. Cara tersebut salah satunya  memakai OBS Studio.

 

OBS memungkinkan penggunanya untuk menggunakan lebih dari satu kamera, menambahkan judul, dan menambahkan transisi, sehingga tampilan video terlihat lebih profesional dan keren.

 

  1. Cocok untuk vlog

 

Pada dasarnya, vlogging adalah blogging menggunakan video. Ketika vlogging, sering kali video terbagi menjadi episode yang lumayan banyak. Nah, dengan memakai OBS kegiatan vlogging tak perlu dibagi menjadi episode panjang, sebab ada fitur software ini punya kelebihan merekam dengan durasi lama.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here