Cara Terbaik Hasilkan Banyak Uang Dari Live Streaming
Cara Terbaik Hasilkan Banyak Uang Dari Live Streaming

Jasa Video Company Profile Dan Turunan – Seperti yang sudah disinggung, aktivitas ini bukan lagi sekedar berbincang online atau main game semata. Kalau kamu tekuni, live streaming bisa jadi sumber penghasilan yang menarik, lho! Ada beberapa cara seorang live streamer memperoleh uang dari kegiatan ini:

 

  1. Melalui iklan (ads)

 

Mendapatkan penghasilan dari iklan sudah lumrah dan salah satu yang mudah dilakukan. Bentuknya pun bermacam-macam menyesuaikan platform live streaming-nya.

 

Misal, ads di  YouTube berupa iklan display, overlay, pre-roll, dan mid-roll. Facebook Live akan menampilkan mid-roll ads kalau kamu mencapai jumlah viewers tertentu.

 

Namun, perlu kamu pahami bahwa tipe iklan ini adalah salah satu bagian yang mengganggu penikmat live stream. Viewers juga dapat menggunakan ads blocker untuk mengatasi masalah ini.

 

Jika kamu tetap ingin menggunakannya, atur display iklan dalam batasan wajar agar viewers tetap menonton live streaming-mu.

 

  1. Sponsorship dan afiliasi brand

 

Bekerja sama dengan sebuah brand merupakan cara yang cukup menghasilkan dan paling digemari. Hal ini karena bentuk sponsorship dan afiliasi memberikan win-win solution baik bagi kamu sebagai live streamer maupun brand.

 

Sponsorship merupakan bentuk iklan yang lebih menyenangkan daripada display ads bawaan platform.

 

Kamu bisa secara gamblang mempromosikan produknya, memperlihatkan atribut iklan produknya di video, atau memberikan testimoni produk seperti game, makanan, atau skincare.

 

Bentuk afiliasi adalah turunan dari sponsorship dengan brand, di mana brand akan memberikan kode diskon melalui konten videomu maupun deskripsinya.

 

Komisi yang kamu dapatkan berasal dari jumlah pembeli yang mengklik link atau menggunakan kode diskon darimu.

 

Penghasilan ini sangat bergantung dengan kesesuaianmu dengan produk serta jumlah audiensmu. Jika kamu memiliki jumlah viewers yang cukup banyak dan punya engagement yang kuat, brand tentu akan tertarik menggunakan kamu untuk mempromosikan produknya.

 

Baca juga : Strategi Jitu Dalam Pemasaran yang Efektif

 

  1. Donasi dan tips dari penggemar dan penonton

 

Tolak ukur konten yang menarik dan interaksi dengan viewers yang kuat bisa melalui tips atau upah yang diberikan oleh penggemar live streaming-mu.

 

Tenang saja, bentuk pembayaran ini telah dilegalkan dan diakomodasi oleh platform streaming-nya sendiri, kok. Bahkan, beberapa punya mata uangnya sendiri.

 

Beberapa contoh donasi di platform live streaming adalah YouTube Super Chat, Twitch Bits, dan Facebook Stars. Biasanya, notifikasi donasi ini akan muncul di live chat saat kamu siaran langsung.

 

  1. Konten berbayar

 

Konsep konten berbayar sama halnya seperti kamu membeli tiket untuk menonton bioskop. Bedanya, pilihan live streaming-nya bukanlah film. Pembelian “tiket” untuk menonton live streaming memberikan kesan eksklusif baik untuk penonton maupun kontennya.

 

Pastikan konten berbayarmu berkualitas dan dapat menarik viewers, ya. Kamu dapat membuat live streaming berdasarkan request dari audiens yang telah kamu minta sebelumnya. Jangan lupa buat sistem ticketing yang mudah dan aman agar semua pihak saling menguntungkan.

 

  1. Membership dan subscription

 

Kontribusi dari membership dan subscriber akan memberikan penghasilan yang lebih pasti dan terjadwal. Kamu bisa mendapatkan pemasukan reguler melalui platform streaming atau di luarnya.

 

Penghasilan melalui subscriber di platform streaming rata-rata mengharuskan beberapa syarat. Misalnya, YouTube mewajibkan kamu menjadi bagian partner program agar dapat menikmati fitur paid membership.

 

Ada kalanya cara tadi membatasi platform yang ingin kamu gunakan atau kamu kurang nyaman dengan keterikatan dengan suatu pihak. Solusinya, kamu dapat memanfaatkan pihak ketiga untuk menangani pembayaranmu, seperti Streamlabs, Patreon, dan GoFundMe.

 

Kalau kamu menggunakan cara-cara ini, ada baiknya kamu membuat konten eksklusif subscriber sebagai bentuk apresiasimu. Namun, jangan batasi konten terbaikmu hanya untuk membership, ya. Kamu juga perlu mengerahkan usaha untuk menarik lebih banyak audiens.

 

  1. Lain-lain

 

Ketika dirasa fandom-mu sudah terbentuk dan kamu punya penonton setia, kamu bisa mulai membuat official merch dan menawarkannya pada mereka. Biasanya, merch mengandung tagline atau hal-hal yang memorable dari live streaming-mu.

 

Selain itu, karena kamu sudah punya ilmunya, kamu bisa memberi tutor untuk bibit-bibit live streamers lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga berkesempatan untuk menjadi narasumber di bidang terkait streaming dan topik kontenmu.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here