Jasa Video Explainer – Dunia animasi video saat ini sudah sangat berkembang pesat. Aplikasi pembuatan video animasi saat sekarang ini juga bisa kita dapatkan dari dunia internet secara gratis.

Para animator video juga semakin terbantu dengan aplikasi baru animasi video ini. Karena semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula fitur-fitur menarik yang tersedia.

Di dalam aplikasi editing video juga dapat memudahkan kerja dari seorang animator video.

Ada terdapat berbagai jenis dari animasi video, dalam artikel kali ini kami dari AkseniJasa akan memberikan penjelasan beberapa di antaranya, yakni :

1. Animasi Sprite

Metode animasi ini yang menjadikan objek “sprite” dapat bergerak secara individual. Di mana objek yang lainnya hanya sebagai latar belakang yang  tidak bergerak.

Prosesnya adalah membuat gambar sprite dengan latar belakang warna hitam. Lalu dibuat juga sprite yang sama tetapi berwarna hitam dan latar belakangnya adalah warna tertinggi.

Kemudian di tempatkan dengan pertama-tama menyimpan background yang akan ditimpa oleh sprite dan ditempatkan sprite dengan Xor dan ditimpa dengan warna tertinggi secara Xor.

Jenis animasi ini memiliki perbedaan dengan animasi cell dan animasi frame. Setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan.

Namun memiliki  frame per detik yang berbeda dan bila ingin di edit maka harus dilakukan pada masing-masing objek sprite tersebut.

2. Animasi Path

Jenis animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel.

Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu.

Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path. Teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.

3. Animasi Clay

Teknik animasi Stop Motion atau Clay Motion dalam pengerjaannya menggunakan clay.

Animasi dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun bahan elastis yang terbuat dari clay atau tanah liat atau tanah liat sintetis.

Lalu obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gambarnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak.

Teknik animasi ini sebenarnya termasuk animasi klasik. Namun karena teknik pembuatannya yang memerlukan kesabaran dan ketekunan tinggi.

Sehingga tidak banyak animator yang memilih membuat animasi dengan teknik seperti ini.

Baca juga : Aplikasi Pembantu Convert Video Untuk Anda

4. Animasi Karakter

Animasi karakter biasanya digunakan dalam film kartun berbasis 3 dimensi. Oleh karena itu, ada juga yang menyebutnya sebagai animasi 3D.

Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda, tetapi bergerak secara bersamaan.

Pada proses pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer.

Hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual. Yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner.

Setelahnya proses pembuatan objek dilakukan dikomputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation. Seperti Maya Unlimited, 3DS Max dan lain sebagainya.

Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah.

Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasinya.

Silahkan klik disini untuk terhubung dengan penyedia Jasa Pembuatan Video konten menarik dan professional dari kami AkseniJasa.

Kami siap menjadi jawaban dari keluh kesah Anda terhadap jasa pembuatan konten video untuk usaha yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here