Fungsi dan Cara Penggunaan Green Screen
Fungsi dan Cara Penggunaan Green Screen

Jasa Video Explainer – Green screen adalah sebuah background besar berwarna hijau yang ditempatkan sebagai latar belakang dalam sebuah shoot. Selama masa pasca produksi, background ini nantinya akan diedit dengan CGI (computer-generated imagery) atau pencitraan hasil komputer oleh digital artist sesuai dengan kebutuhan dan arahan sutradara.

 

Penggunaan green screen pertama kali pada tahun 1898 oleh George Albert Smith, ia menggunakan kain berwarna hitam untuk membuat sebuah objek seolah menghilang. Sementara itu, penggunaan green screen yang paling terkenal ada pada The Great Train Robbery (1903).

 

Di film ini, mereka mengecat jendela kereta api dengan warna hitam agar bisa menambahkan scene pemandangan saat kereta berjalan. Beberapa momen penting lain dalam sejarah penggunaan green screen adalah sebagai berikut.

 

Fungsi green screen

 

Fungsi dari green screen adalah sebagai background agar bisa memasukkan fungsi CGI atau special effect di dalam sebuah video. Ini digunakan untuk mengganti warna dari background dengan special effect yang sudah diedit di dalam sebuah film. Proses pergantian warna background dari hijau dengan CGI ini disebut sebagai chroma keying.

 

 

Cara kerja green screen

 

Penasaran bagaimana cara green screen bekerja? Di bawah ini akan jelaskan secara detail cara kerja green screen dan cara penggunaannya.

 

  1. Pixel warna yang masuk ke green screen

 

Pixel warna yang jatuh pada irisan lingkaran hue-saturation, yang berpusat pada green hue akan dianggap sebagai green screen. Kemudian, saklar video akan menggantikan pixel warna tersebut dengan pixel warna dari background video channel, sebagai contoh peta cuaca.

 

Pixel dengan rona warna lain seperti oranye (warna kulit), merah, kuning, magenta, dan biru yang berasal dari kamera dibiarkan masuk.

 

  1. Hasil output video

 

Output video yang dihasilkan nanti berupa petugas pembaca cuaca yang diposisikan di depan peta cuaca. Dalam kondisi seperti ini, video dengan unsur warna hijau di dalamnya tidak akan mempengaruhi komponen pada green screen.

 

 Yang perlu diperhatikan, sebaiknya petugas pembaca cuaca tidak menggunakan pakaian berwarna hijau. Green screen bekerja lebih baik pada video karena banyak pixel hijau pada desain kamera umum dibanding warna merah atau biru.

 

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Live Streaming Tanpa Ribet

 

5 Tips menggunakan green screen

 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam memaksimalkan penggunaan green screen dalam pembuatan film.

 

  1. Perhatikan tingkat pencahayaan

 

Perhatikan baik-baik tingkat pencahayaan, karena tingkat pencahayaan punya pengaruh besar terhadap keberhasilan penggunaan green screen. Pencahaanmu harus di-setting secara konsisten baik di area depan latar atau di belakang latar.

 

  1. Jangan mengabaikan bayangan

 

Background hijau harus tampak solid dengan warna yang utuh supaya proses keying bisa bekerja. Sehingga, subjek harus berada beberapa meter di depan layar saat proses shoot berlangsung, dan harus diterangi oleh three-point lighting.

 

  1. Depth of field

 

Depth of field di area depan dan latar background harus sesuai, karena jika tidak, maka komposisi gambar yang dihasilkan tidak sesuai dengan mata manusia dan akan terlihat aneh.

 

  1. Gunakan tripod agar tetap stabil

 

Agar green screen kamu berfungsi, kameramu harus tetap stabil dan berada pada fokus yang sama. Kamera yang goyah di depan background bisa membedakan stabilitas di latar belakang.

 

  1. Hindari pakaian dan alat peraga warna hijau

 

Pakaian atau alat peraga berwarna hijau dapat merusak green screen, sehingga pastikan wardrobe para pemain tidak berwarna hijau.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here