Jasa Video Explainer – Animasi adalah gambar yang bergerak berasal dari kumpulan objek yang sudah disusun sedemikian rupa dengan objek. Bisa dalam bentuk tulisan, gambar manusia, hewan, manusia, dan lain sebagainya.

 

Animasi adalah sebuah grafika yang menunjukkan gerakan secara urut dengan cepat, menjadikan objek tersebut seperti hidup. Melalui perencanaan yang tepat serta mendalam, maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk dinikmati.

 

Orang yang membuat animasi adalah dikenal dengan sebutan animator. Ada banyak rumah produksi atau perusahaan yang membuat karya atau film animasi dengan kualitas yang sangat baik seperti Walt Disney, DreamWorks, Pixar, dan lain sebagainya.

 

Tujuan Animasi yang Umum

  1. Tujuan animasi adalah mampu menyampaikan sebuah pesan kepada pendengar.
  2. Tujuan animasi adalah menyempurnakan pesan yang disampaikan.
  3. Tujuan animasi adalah menciptakan kesenangan agar pesan lebih mudah dipahami lawan bicara.
  4. Tujuan animasi adalah dapat menarik perhatian lawan bicara dan pesan bisa tersampaikan dengan baik.
  5. Tujuan animasi adalah menghidupkan pesan atau materi yang disampaikan.
  6. Tujuan animasi adalah mampu memberikan pemahaman lebih mendalam dalam metode pembelajaran.
  7. Tujuan animasi adalah membuat komunikasi lebih interaktif.

 

 

Ada beberapa jenis-jenis dari video animasi diantaranya adalah :

  1. Animasi 2D atau 2 Dimensi

Jenis yang pertama ini sering disebut dengan film kartun. Film kartun biasanya bergendre lucu.

 

  1. Animasi 3D atau 3 Dimensi

Jenis yang kedua adalah animasi 3D. Dengan semakin majunya dunia komputer dan teknologi maka hal ini juga berpengaruh dengan pembuatan animasi video. Animasi 3D merupakan pengembangan dari animasi 2D. Animasi 3D memiliki karakter yang memperlihatkan hasilnya semakin hidup dan nyata, mendektai wujud manusia aslinya.

 

  1. Stop Motion Animation

Jenis ketiga dari animasi video adalah stop motion animation. Animasi ini juga dikenali sebagai claymation kerana animasi ini menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang di gerakkan.

 

Teknik pembuatan jenis animasi ini pertama kali di perkenalkan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906. Teknik ini seringkali digunakan dalam menghasilkan visual effect bagi film-film era tahun 50an dan 60an.

 

  1. Animasi Jepang (Anime)

Baca juga : Beragam Format Video Yang Sering Digunakan Dalam Dunia Editing Video

Anime merupakan sebutan untuk film animasi di Jepang. Anime memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan animasi buatan Eropa. Salah satu film animasi terkenal adalah Final Fantasu Advent Children dan Jepang sudah banyak memproduksi anime.

 

Berbeda dengan animasi Amerika, anime Jepang tidak semua diperuntukkan untuk anak-anak, bahkan ada yang khusus orang dewasa.

 

  1. Animasi Cel

 

Setelah mengenal jenis-jenis animasi berdasarkan bentuk karakternya, berikut dilanjutkan dengan jenis-jenis animasi berdasarkan teknik pembuatannya. Animasi cel merupakan animasi tertua dan merupakan bentuk animasi yang paling populer.

 

Kata cel berasal dari kata ‘celluloid’ yang merupakan materi yang digunakan dalam pembuatan film gambit bergerak pada tahun-tahun awal animasi diciptakan. Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate). Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation).

 

Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya sehingga dapat saling bergerak mandiri.

 

  1. Animasi Frame

 

Jenis-jenis animasi berikutnya adalah animasi frame. Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan melalui rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan. Pergantian gambar ini diukur dalam satuan frame per second atau fps.

Silahkan klik disini untuk terhubung dengan penyedia Jasa Pembuatan Video konten menarik dan professional dari kami Akseni Jasa. Kami siap menjadi jawaban dari keluh kesah Anda terhadap jasa pembuatan konten video untuk usaha yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here