Beranda » Seberapa Penting Peran Video Animasi 2D dalam Dunia Pendidikan?

Seberapa Penting Peran Video Animasi 2D dalam Dunia Pendidikan?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Seberapa Penting Peran Video Animasi 2D dalam Dunia Pendidikan?

Apakah Anda tahu peran penting dari video kartun animasi lucu 2D dalam dunia pendidikan? Jika Anda tidak mengetahui hal tersebut, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat. Seperti yang telah kita ketahui, kita hidup di zaman dimana teknologi canggih telah menemani hari-hari kita dalam melakukan segala aktivitas. Baik aktivitas sehari-hari maupun aktivitas-aktivitas spesifik seperti bekerja, bersekolah, berbisnis, dan sebagainya. Sebab itu, tidak mengherankan bila mulai banyak perusahaan maupun lembaga-lembaga pendidikan yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan menggunakan video animasi untuk menarik perhatian para klien dan murid.

Bila berbicara tentang video animasi dalam dunia pendidikan, ada beberapa tenaga pengajar yang telah memanfaatkan sebuah video animasi anak-anak untuk semakin menarik minat belajar para siswa. Entah para pengajar itu membuat sendiri videonya ataupun mengambil dari referensi-referensi yang banyak bertebaran di internet bahkan youtube. Selama tidak merugikan salah satu pihak, maka boleh saja mengambilnya untuk kebutuhan edukasi para siswa. Apalagi sekarang ada beberapa ecourse berbayar yang difokuskan secara digital dengan dibantu juga dengan pengajar yang mumpuni serta tampilan yang fun. Memang di era yang seperti saat ini, maka hal-hal baru seperti ini akan semakin banyak kita jumpai ke depannya.

Karena, jika kita tidak mengikuti arah perkembangan zaman. Maka otomatis kita akan tertinggal jauh di belakang oleh para visioner yang kreatif-kreatif. Seperti yang telah kita semua ketahui, sekolah masih menjadi hal yang menakutkan dan membuat tidak nyaman bagi sebagian para murid. Bisa jadi karena para murid yang bosan dengan materi pembelajaran yang diajarkan secara monoton tidak menarik oleh para guru yang bersangkutan. Sehingga dari hal tersebut tentunya akan menurunkan minat belajar serta membuat para murid menjadi tidak betah untuk berlama-lama berada di sekolah untuk belajar. Maka solusinya adalah para pendidik membuat gebrakan baru dengan melakukan pengajaran yang lebih interaktif maupun fun. Sehingga disamping para siswa semakin mudah menangkap pelajaran yang disampaikan dan juga ilmu yang didapat akan lebih melekat dibenak para siswa.

Manfaat dari media pembelajaran video animasi

Terdapat banyak keuntungan yang dapat diperoleh para murid ketika para guru atau dosen menggunakan video animasi dalam proses belajar mengajar mereka. Dalam membuat video animasi, tenaga pengajar tidaklah perlu untuk membuat yang terlalu rumit. Disamping tidak adanya waktu untuk membuatnya bahkan yang paling membetekan adalah kesulitan yang pada akhirnya membuat pengajar menyerah untuk tidak melanjutkan penyelesaian video animasinya. Tenaga pengajar bahkan cukup hanya membuat video animasi tulisan dengan menggunakan beberapa software pc berbayar. Pertama adalah menyiapkan susunan konsep atau materi pembelajaran yang akan mau dijadikan video. Yang kedua, melakukan penyusunan bahan-bahan video yang ada di dalam software tersebut sehingga menghasilkan video animasi yang tulisan tangan yang unik.

Hal yang terpenting dalam membuat video animasi untuk tujuan mengajar adalah, tenaga pengajar diharuskan untuk membuat video animasi yang singkat, padat, jelas, namun juga harus menarik dan menyenangkan. Keuntungan pertama yang dapat diperoleh dengan menggunakan video animasi adalah para murid akan lebih memerhatikan tenaga pengajar ketika tenaga pengajar menjelaskan video animasi tersebut apalagi dengan ditambah kemampuan presentasi dari pengajar yang mumpuni di atas rata-rata. Sehingga, tidak akan ada lagi murid-murid yang tertidur di bagian belakang kelas atau bermain dengan smartphone mereka. Karena mereka akan lebih penasaran menyimak materi yang berbobot yang telah disiapkan oleh para pengajar tersebut.

Keuntungan kedua yaitu video animasi dapat digunakan untuk menjelaskan informasi yang rumit dengan menggunakan gambar, audio, gambar yang bergerak, serta teks menjadi mudah dipahami oleh para siswa. Keuntungan ketiga yaitu, media pembelajaran video animasi dapat diaplikasikan untuk seluruh subjek dan bisa diakses dimana saja dengan bantuan sebuah handphone atau pc. Para murid dapat mengakses video animasi di rumah maupun di sekolah. Dengan demikian, para murid dapat tetap belajar meskipun jam sekolah telah berakhir.

Keuntungan keempat atau yang terakhir yaitu, dengan cara membuat video klip animasi, semua orang dapat mengakses video animasi tersebut. Para orang tua dapat menemani anak-anak mereka dalam mengakses video animasi sehingga para orang tua dapat mempelajari apa yang dipelajari oleh anak-anak mereka juga. Hal ini akan sangat menguntungkan kedua belah pihak. Alasannya adalah, ketika para murid mengakses video animasi di rumah bersama orang tua mereka, mereka akan dapat menanyakan hal-hal yang tidak mereka ketahui pada orang tua mereka. Sehingga, para murid akan selangkah lebih maju dalam proses belajar mereka dan para orang tuapun menjadi lebih akrab atau dekat dengan anak-anak mereka.

Bagikan ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Diskon

* Untuk Pemesanan Pertama
Open chat
Butuh Bantuan