Beranda » Inilah! Macam-Macam Pemilu Di Indonesia Yang Memerlukan Jasa Video Animasi Profesional

Inilah! Macam-Macam Pemilu Di Indonesia Yang Memerlukan Jasa Video Animasi Profesional

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Inilah! Macam-Macam Pemilu Di Indonesia Yang Memerlukan Jasa Video Animasi Profesional

Indonesia merupakan negara demokrasi yang anggota legislatif, yudikatif, dan eksekutifnya dipilih melalui proses pemilihan umum yang melibatkan hampir semua penduduk Indonesia. Untuk memfasilitasi proses pemilihan umum yang sesuai dengan asas-asas penyelenggaraan pemilu, berdasarkan UU No. 15 Tahun 2011 ada 3 lembaga negara yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia, yaitu KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Untuk mensosialisasikan kegiatan pemilu di Indonesia dan peran dari masing-masing lembaga tersebut tentu akan lebih baik jika menggunakan jasa bikin video animasi untuk presentasi yang lebih engaging.

Pemilihan umum anggota legislatif

Jenis pemilu di Indonesia yang memerlukan jasa animasi 3D murah salah satunya adalah ketika musim pemilihan anggota legislatif atau pemilihan DPR yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Perlunya diperlukan pembuatan animasi 3D adalah sebagai sosialisasi kepada masyarakat mengenai tata cara pemilihan umum dan juga bisa berisi mengenai profil dari masing-masing caleg yang mencalonkan atau dicalonkan untuk menduduki kursi di DPR. Sosialisasi dengan menggunakan video animasi akan bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat dan lebih mudah untuk dipahami baik bagi para pemilih pemula maupun yang sudah berpengalaman. Selain video animasi, lembaga pemilu juga bisa bersosialisasi menggunakan format video slideshow.

Pemilihan umum presiden dan wakil presiden

Presiden dan wakil presiden juga dipilih melalui pemilihan umum di mana sejak tahun 2004 pemilu presiden dan wakil presiden dilakukan secara langsung. Langsung artinya adalah pemilih bisa memilih calon presiden dan wapres, dan bukannya memilih partai yang mengusungnya. Masih banyak lagi informasi mengenai pemilihan presiden dan wakil presiden yang perlu disosialisasikan kepada para pemilu terutama bagi para pemilu pemula yang mungkin belum begitu paham mengenai sistem pemilu di Indonesia. Oleh karena itu penting bagi lembaga pemilu baik KPU, Bawaslu, DKPP maupun lembaga pemilu non negara lainnya rajin melakukan sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat. Jasa pembuatan film animasi 3D bisa jadi andalan untuk membuatkan video sosialisasi yang bagus dan informatif.

Pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah

Macam pemilu yang terakhir adalah pemilihan umum untuk kepala daerah dan wakil kepala daerah di mana masing-masing daerah administrasinya memiliki calon-calon sendiri baik dari partai politik maupun yang maju dari jalur independen. Pemilu ini butuh banyak kegiatan sosialisasi karena biasanya banyak masyarakat yang tidak mengenal calon-calon yang akan dipilih sehingga saat pemilihan berlangsung tidak sedikit yang golput atau bahkan hanya asal coblos saja. Lembaga pemilu di tingkat daerah harus aktif melakukan sosialisasi agar hasil pemilu bisa maksimal. Misalnya menggunakan jasa pembuatan video animasi Jogja untuk membuat profil masing-masing calon, program kerjanya, tata cara pemilihan, dan sebagainya.

Bagikan ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Diskon

* Untuk Pemesanan Pertama
Open chat
Butuh Bantuan