Ketahui Dulu Spesifikasi dan Fungsinya Baru Beli Kemudian
Ketahui Dulu Spesifikasi dan Fungsinya Baru Beli Kemudian

Jasa Video Animasi – Kamu seorang Fotografer atau sekedar hobi fotografi? Agar hasil fotomu semakin profesional, kamu wajib mempelajari berbagai jenis kamera beserta fungsinya terlebih dahulu. Komponen kamera yang satu ini dapat membuat kamu menghasilkan foto yang memuaskan. Ingin tahu lensa apa saja yang ada?

 

Nah dalam artikel ini kami akan coba paparkan jenis lensa kamera beserta fungsinya yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam memilih kamera yang cocok untuk setiap aktivitas Anda, antara lain :

 

Telephoto lenses

 

Telephoto lenses atau biasa disebut lensa tele sangat ramai di kalangan Fotografer olahraga, karena jenis lensa ini digunakan untuk membidik suatu objek dengan jarak yang jauh. Secara teknis, lensa ini memiliki ukuran 70mm bahkan sampai 600mm.

 

Lensa ini sangat berguna bagi kamu yang ingin memotret, tetapi tidak dapat berada dekat dengan objek. Lensa tele banyak digunakan dalam kebutuhan fotografi, foto alam liar, foto model, hingga foto olahraga.

 

Lensa tele juga memiliki kelemahan, yaitu selain lensa yang besar dan cukup berat, kamu juga akan sulit melakukan foto dalam jarak yang dekat.

 

Fisheye lenses

 

Sesuai dengan namanya yaitu fisheye, lensa ini cenderung memiliki sudut pandang 180 derajat. Dengan keunikannya ini, lensa fisheye memiliki focal length 4-14mm.

 

Sama halnya seperti seekor ikan melihat dunia, lensa ini menggunakan jenis “pemetaan” tertentu yang sengaja mendistorsi garis agar terlihat lebih cembung. Namun, distorsi yang pada dasarnya merusak gambar ini ternyata memiliki efek unik tersendiri.

 

Lensa ini cenderung digunakan untuk memotret pemandangan, namun kamera pengawas pun sebagian besar menggunakan lensa ini karena mendapatkan cangkupan gambar yang lebih luas.

 

Baca juga : Beberapa Jenis Kamera dan Fungsinya

 

Macro lenses

 

Jika kamu adalah seorang fotografer yang menyukai dengan detail atau atau close up yang ekstrem, maka lensa makro ini cocok untuk kamu.

 

Dengan lensa ini, kamu dapat memotret objek yang kecil, seperti serangga atau bunga. Lensa makro dapat menghasilkan gambar dengan perbandingan 1:1 dari objek yang difoto.

 

Tanpa harus memikirkan hasilnya akan blur atau pecah, lensa ini miliki ketajaman yang sangat baik. Lensa makro memiliki berbagai macam focal length dari 50mm sampai dengan 200mm.

 

Tilt-shift lenses

 

Apabila kamu memotret bangunan arsitektur, sudut kamera dapat membuat distorsi perspektif terlihat lebih jelas. Dengan lensa ini, kamu dapat memanipulasi gambar yang kamu hasilkan.

 

Lensa dengan ukuran 17mm hingga 35mm ini biasa digunakan untuk foto arsitektur atau fotografi seni rupa. Pergeseran atau kemiringan suatu objek dapat dimanipulasi dengan lensa ini. Selain itu, kamu juga dapat membuat objek terlihat lebih kecil dari objek aslinya.

 

Infrared lenses

 

Konsep dasar lensa inframerah adalah menangkap cahaya. Lensa yang satu ini dapat menangkap cahaya yang praktis tidak dapat ditangkap oleh mata manusia.

 

Lensa kamera ini tidak bekerja seperti lensa-lensa lainnya yang kurang lebih sama seperti mata manusia, menerima radiasi dalam spektrum cahaya tampak, dan mengubahnya menjadi gambar.

 

Lensa inframerah terbuat dari bahan seperti geranium, ataupun bahan lainnya dengan daya serap rendah dalam spektrum inframerah. Oleh karena itu, hasil gambar dari lensa inframerah pun akan menjadi visual yang unik.

 

Perlu kamu ketahui, di balik lensa yang memadai, kamu juga harus sering berlatih menggunakan kamera dan lensa yang kamu butuhkan. Tidak hanya alat yang memadai, tetapi kamu juga harus memiliki skill agar dapat menghasilkan gambar yang maksimal.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here