Beranda » Inilah Alasan Video Animasi Bisa Mahal !!!

Inilah Alasan Video Animasi Bisa Mahal !!!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Inilah Alasan Video Animasi Bisa Mahal

Banyak orang bertanya-tanya, kenapa industri film di Indonesia tidak bisa membuat film animasi berkualitas bagus seperti yang banyak diproduksi di Hollywood? Jawabannya: karena untuk membuat satu film animasi penuh membutuhkan biaya yang luar biasa besar. Salah satu contoh adalah film animasi Disney “Brave” yang berdurasi 94 menit itu memakan biaya produksi sekitar Rp2,5T, sedangkan film animasi karya anak bangsa “Battle of Surabaya” membutuhkan biaya produksi Rp15 milyar dengan waktu pengerjaan selama 3 tahun. Jadi wajar jika Anda yang ingin menggunakan jasa membuat video company profile dengan format animasi, harga yang ditawarkan kadang bisa di luar perkiraan. Kenapa ya membuat video animasi bisa mahal?

Perangkat keras yang digunakan untuk membuat animasi

Kegiatan membuat video animasi adalah kegiatan digital yang membutuhkan mesin komputer dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Karena jika hanya menggunakan komputer dengan spesifikasi rumahan maka proses pembuatan video akan banyak terhambat oleh aplikasi yang sering macet, proses rendering yang berjalan dengan lambat, belum lagi komputer yang crash karena kelebihan beban. Sedangkan komputer dengan spesifikasi yang mumpuni untuk membuat video harganya tidak murah. Rata-rata jasa pembuatan animasi 3D menggunakan komputer dengan spesifikasi khusus animasi yang harganya Rp20 jutaan bahkan sering lebih mahal terutama pada studio animasi besar yang sering digunakan untuk menggarap film.

Perangkat lunak juga bayar mahal

Selain perangkat keras yang tidak hanya komputer saja, studio animasi juga membutuhkan perangkat lunak alias aplikasi untuk buat video animasi premium agar bisa menghasilkan karya video berkualitas tinggi. Beberapa aplikasi yang digunakan misalnya adalah Adobe Illustrator dan Adobe After Effect dengan harga yang tidak murah yaitu mulai dari Rp8 jutaan. Selain dua aplikasi tersebut masih banyak lagi perangkat lunak yang digunakan sesuai dengan kebutuhan animator dan juga kualitas video yang ingin digunakan. Makin mulus hasil animasi yang digunakan biasanya makin mahal aplikasi yang digunakan.

SDM bikin animasi profesional tidak sedikit

Untuk proyek yang kecil dan hasil video animasi bergerak lucu yang sederhana Anda mungkin bisa menggunakan jasa freelancer yang bekerja sendiri dengan budget yang tidak terlalu besar. Namun untuk proyek yang lumayan besar skalanya misalnya untuk membuat mini serial di media sosial, untuk company profile, dan kepentingan profesional dan publik lainnya ada baiknya menggunakan jasa studio animasi. Di studio animasi satu video tidak dikerjakan oleh satu orang. Ada sutradaranya, ada pembuat skripnya, ada pengisi suaranya, penata suaranya, post production, dan lain sebagainya. Tentu SDM tersebut layak untuk dibayar atas hasil kerjanya sehingga membuat video animasi berkualitas tinggi harganya tidak murah. Negosiasikan budget Anda dengan kami untuk sama-sama mendapatkan hasil yang baik.

Bagikan ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Diskon

* Untuk Pemesanan Pertama
Open chat
Butuh Bantuan