Gunakan Tips Ini Sebelum Memilih Kamera Untuk Anda Para Vlogger
Gunakan Tips Ini Sebelum Memilih Kamera Untuk Anda Para Vlogger

Jasa Video Explainer – Dalam artikel ini kami akan memberikan terlebih dahulu beberapa tips dalam memilih kamera untuk kegiatan vlog Anda agar menghasilkan video yang berkualitas. Biar tidak salah membeli, mari simak tips memilih kamera vlog sebagai berikut.

 

  1. Kebutuhan fotografi

 

Sebenarnya, terdapat empat tipe kamera vlog yang ada di pasaran. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan fotografimu. Adapun tipe-tipe kamera vlog, yaitu:

 

DSLR

Menghasilkan gambar dan video berkualitas dengan resolusi tinggi untuk lokasi luar ruangan (indoor) atau dalam ruangan (outdoor).

 

Action camera

Biasanya, action camera dipakai untuk kamera vlog para traveller atau petualang. Sebab, bentuknya compact dan mungil sehingga mudah dibawa-bawa.

 

Kamera saku

Sesuai namanya, memang bentuknya mungil sampai-sampai bisa dimasukkan kantong atau saku. Cocok dijadikan kamera vlog karena praktis dan simpel.

 

Kamera mirrorless

Umumnya, banyak Fotografer maupun Vlogger yang menggunakan mirrorless sebagai kamera vlog. Sebab, lensanya mudah diganti-ganti sesuai kebutuhan, sedangkan body-nya tetap ringan dan compact.

 

  1. Kualitas resolusi

 

Dalam hal dunia vlogging, perlu diperhatikan juga masalah ukuran resolusi video yang dihasilkan kamera vlog. Sebab, kalau resolusinya kecil, gambar akan terlihat buram dan pecah. Sebaiknya, gunakan kamera vlog dengan resolusi di atas 1080 piksel. Atau bahkan, pilih kamera vlog yang beresolusi UHD 4K.

 

  1. Kualitas suara

 

Selama melakukan vlogging, kualitas suara juga tak kalah penting. Pilih kamera vlog yang memiliki input mikrofon eksternal, sehingga kamu bisa menyematkan mikrofon kecil di dekat telinga atau sekitar kerah baju.

 

  1. Gambar tetap bagus ketika minim cahaya

 

Baik foto maupun video vlog, membutuhkan pencahayaan yang bagus. Karena itu, tipe kamera vlog yang bisa menyesuaikan kondisi meskipun minim cahaya akan sangat mendukung kualitas video yang dihasilkan. Biasanya, kamera vlog yang kualitas gambarnya tetap bagus saat low light adalah DSLR atau mirrorless.

 

  1. Sambungan internet

 

Terakhir, tapi tak kalah penting adalah soal koneksi internet. Tipe kamera vlog yang memiliki fitur sambungan internet atau WiFi akan mempermudah proses unggahan video ke situs berbagi video atau media sosial. Termasuk, ketika kamu ingin melakukan live streaming secara lancar.

 

Baca juga : 5 Fitur OBS Studio Yang Jarang Diketahui

 

Nah berikut beberapa kamera rekomendasi dari kami untuk menunjang kegiatan vlog Anda, diantaranya :

 

  1. Sony Cyber-shot RX100 V

 

Pepatah mengatakan “ada harga, ada kualitas”, sama halnya dengan pilihan kamera vlog yang satu ini. Dibanderol sekitar Rp 14-15 jutaan, fitur-fiturnya sangat memanjakan.

 

Bisa merekam video full HD – 4K, slow motion 960 fps, serta memiliki 315 titik fokus dengan bukaan diafragma f1. 8-2.8. Lensanya dibekali 24-70 mm bersama sensor CMOS 20 Mp. Sehingga, hasil rekaman video terlihat berkualitas dengan ISO 12800.

 

  1. Panasonic Lumix LX10

 

Selanjutnya, kamera vlog yang bisa dipertimbangkan adalah Panasonic Lumix LX10. Bentuknya ringan dan compact, dengan lensa 24-72 mm dan bukaan diafragma f1.4-2.8. Keunggulan lain dari kamera vlog Lumix LX10 adalah terdapat Hybrid 5 Axis OIS+ untuk kestabilan rekaman video full HD.

 

Cocok untuk kamera vlog, terutama traveller yang suka jalan-jalan. Sebab, bobotnya ringan sekitar 310 gram dan resolusi foto hingga 20 Mp dengan fitur 4K, focus stacking, post focus, dll. Harganya kisaran Rp 8-9 jutaan.

 

  1. Canon PowerShot G7X II

 

Kalau kamu ingin kamera vlog berprosesor tinggi, Canon G7X II bisa jadi pilihan ideal. Dilengkapi prosesor DIGIC 7, fokus lensa 24-100 mm, serta bukaan diafragma f1.8-2.8.

 

Hebatnya lagi, kamera vlog ini mampu menghasilkan video resolusi 1080 pixel full HD pada 60 fps. Untuk kisaran harga dibanderol Rp 6-7 jutaan.

 

  1. GoPro Hero 5 Black

 

Bisa dibilang, GoPro adalah kamera vlog terfavorit dan terpopuler sejagad. Ukurannya mungil serta tangguh dibawa bepergian. Kamu bisa membawa kamera vlog ini menyelam hingga kedalaman 10 meter di bawah air, bersepeda, tracking, dan menjelajah kemanapun tanpa khawatir.

 

Berkualitas resolusi 1080 piksel pada 120 fps sampai 4K pada 30 fps, hasil video yang dihasilkan jernih dan stabil. Makanya, kamera vlog seharga kisaran Rp 5-6 jutaan ini, paling digemari para vlogger terkenal.

 

  1. Canon EOS M10

 

Selanjutnya, kalau ingin bawa kamera vlog dengan lensa yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan, pilih Canon EOS M10. Kamera yang dilengkapi layar LCD 3 inci ini bisa ditekuk sampai 180 derajat, lho! Proses pengambilan gambar dan video tentunya akan jadi lebih mudah.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here