Definisi Multimedia Menurut Para Pakar Ahli
Definisi Multimedia Menurut Para Pakar Ahli

Jasa Video Animasi Murah – Vaughan (2008) dalam Multimedia: Making it Work, mengartikan multimedia sebagai kombinasi teks, suara, animasi, dan video apapun yang disampaikan oleh komputer atau sarana elektronik atau manipulasi digital lainnya.

Sedangkan, H. Newton (1998) dalam Newton’s Telecom Dictionary menyebut multimedia sebagai kombinasi berbagai jenis media dalam komunikasi atau informasi antara dua pengguna dan komputer mereka.

Multimedia berformat informasi untuk hal-hal yang mencakup komunikasi suara, pemrosesan suara, dan pemrosesan gambar.

Penemuan Gutenberg memulai adanya percepatan perkembangan media cetak atau teks dan gambar.

Setelah itu, G. Marconi menemukan radio bertransmisi pada tahun 1885 yang lantas dikembangkan menyeberangi Samudra Atlantik pada tahun 1901. Era ini memulai perkembangan media berupa audio secara luas.

Sedangkan untuk media gambar atau fotografi sendiri, mulai dikenal sejak adanya evolusi mikrofilm pada tahun 1839 dan munculnya negatif film pada 1841.

Disusul satu dekade kemudian fotografi memulai eksistensinya pada tahun 1851 dan gambar bergerak atau sinematografi pada 1870.

Penggabungan dari berbagai media tersebut, baik teks, audio, dan gambar mulai dilakukan lewat rekaman suara pada tahun 1899. Lalu kemudian disusul rekaman video dan televisi pada tahun 1908.

Selanjutnya, perkembangan mikrokomputer mulai dikembangkan semasa Perang Dunia II atau sekitar tahun 1945 dan merevolusi teknologi komputasi.

Hal tersebut masih ditambah dengan pengembangan sistem penyimpanan optik pada tahun 1985.

Hingga berujung pada pesatnya pertumbuhan televisi sebagai media massa terbesar di dunia komunikasi modern.

Perkembangan multimedia tak berhenti di situ, pemrograman komputer makin kaya sejak ditemukannya hypertext pada tahun 1965 oleh Theodor Nelson.

Temuan Nelson ini yang lantas mengalami revolusi dan berdampak besar pada penemuan internet.

Tim Berner Lee adalah pengembang proyek hypertext hingga menjadi apa yang disebut dengan WWW (world wide web) dan HTML (hypertext markup language) pada tahun 1991.

Multimedia memiliki beberapa manfaat umum yang dibedakan tiap penggunaan atau pengaplikasiannya. Adapun manfaat-manfaat tersebut meliputi hal-hal berikut ini:

1. Manfaat Untuk Pendidikan

Multimedia memberi manfaat khusus pada pendidikan, karena dapat dikombinasikan dengan pengajaran hingga apa yang disebut dengan edutainment.

Penggabungan edukasi dan entertainment menjadi hal yang populer di ranah edukasi. Karena proses belajar-mengajar tidak lagi berlaku satu arah secara tradisional, tetapi juga lebih menarik dan mudah dipahami.

Baca juga : Pentingnya Memiliki Tanda Tangan Digital Di Era Sekarang

2. Manfaat Untuk Dunia Hiburan

Penggunaan multimedia untuk dunia hiburan memiliki masa perkembangan yang hampir selaras dengan perkembangan multimedia itu sendiri.

Hal ini tidak lepas dari penggunaan sarana elektronik sebagai media informasi global dan massal.

Setelah multimedia berkembang, dunia hiburan makin kaya dengan tampilan audio visual yang bisa direkayasa lewat efek visual.

3. Manfaat Untuk Bisnis

Multimedia juga bermanfaat penting bagi keberlangsungan bisnis di dunia modern.

Peran ini terutama ditemukan dalam proses pemasaran, promosi, iklan, presentasi, demo produk, hingga komunikasi berbasis jaringan, hingga sekarang berupa aplikasi.

4. Manfaat Untuk Teknologi dan Sains

Selain untuk hiburan, multimedia juga dapat digunakan dalam teknologi serta sains. Hal ini seperti misalnya penambahan peralatan audio visual untuk prosedur operasi otak atau bedah tubuh manusia.

Manfaat efisiensi dari kehadiran multimedia dapat mendukung sains berbasis teknologi.

5. Manfaat Bagi Dunia Seni

Multimedia juga bermanfaat dalam dunia seni, terutama berkaitan dengan pameran seni hingga perkembangan teknologi untuk jenis seni rupa berbasis digital.

Penggunaan perangkat elektronik untuk menghasilkan karya seni seperti animasi hingga desain komunikasi visual juga tak lepas dari peranan aspek multimedia ini.

6. Manfaat Bagi Dunia Teknik

Dalam perkembangannya, dunia teknik atau khususnya teknik informatika menggunakan multimedia sebagai sarana utama bagi pekerjaan para insinyur teknik.

Misalnya, seorang teknisi atau insinyur perangkat lunak bisa menampilkan simulasi militer untuk pelatihan industri sebelum barang sesungguhnya diproduksi.

Silahkan hubungi kami AkseniJasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here