Definisi Buzzer Sesungguhnya dan Fungsinya
Definisi Buzzer Sesungguhnya dan Fungsinya

Jasa Video Explainer – Istilah buzzer bisa jadi sudah akrab dengan beberapa orang yang sering menghabiskan waktu di media sosial.

Terlebih, perkembangan buzzer atau pendengung ini makin kencang saat terjadi pemilihan presiden pada tahun 2019 silam.

Secara umum, buzzer merupakan subjek tertentu dalam media sosial. Bisa berupa individu maupun sekelompok akun dengan satu individu sebagai administrator.

Buzzer biasanya memiliki kemampuan untuk memengaruhi para pengikutnya atau massa.

Fungsi Buzzer :

Berdasarkan definisi-definisi buzzer di atas, tampak bias negatif terhadap buzzer muncul lebih nyata dari segi fungsi atau manfaatnya.

Meski demikian, buzzer memiliki beberapa fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan positif. Beberapa fungsi buzzer itu antara lain adalah sebagai berikut :

1. Membangun Topik Pembicaraan di Media Sosial

Buzzer amat berperan dalam dunia media sosial. Berjuta-juta orang yang berdiskusi di media sosial umumnya memiliki sudut pandang berbeda satu sama lain.

Buzzer hadir untuk mengakomodasi fragmentasi perspektif pengguna media sosial pada suatu topik tertentu.

2. Dapat Digunakan Untuk Representasi Citra

Buzzer memiliki kemampuan amplifikasi yang bisa digunakan dalam proses representasi citra seseorang, produk, atau suatu bisnis tertentu di media sosial.

Keberadaan buzzer sebagai pendengung dapat diarahkan kepada sisi positif. Seperti memperkuat citra suatu individu atau bisnis tertentu lewat paparan topik singkat di media sosial.

Yaitu dengan pola persebaran cepat dan saling berkaitan antar pengikut.

3. Menunjang Proses Promosi dan Branding

Fungsi buzzer yang satu ini hampir serupa dengan pembentukan representasi citra.

Perbedaannya, fungsi promosi dan branding ini dilakukan dengan sengaja atau berada dalam ranah relasi bisnis atau kerja sama tertentu.

Buzzer merupakan pendengung yang mampu memasukkan suatu topik dalam arus komunikasi dan informasi lewat media sosial.

Kemampuan buzzer dapat membangun dan menguatkan opini kepada para pengikutnya di media sosial ini dapat mendukung promosi suatu produk secara persuasif.

4. Cara Kerja Buzzer Dalam Media Sosial

Jika merujuk pada riset yang dilakukan oleh Rismi Juliadi. Buzzer memiliki cara kerja umum yang merujuk pada pangsa pengikutnya di media sosial.

Adapun beberapa cara kerja itu didapat Juliadi dari para informannya yang pernah menjadi buzzer untuk topik-topik tertentu. Berikut ini adalah beberapa cara kerja buzzer dalam media sosial yang bisa kita ketahui :

1. Konsistensi

Hampir serupa dengan cara kerja influencer, seorang buzzer harus memiliki kecakapan dalam segi konsistensi untuk memperbarui konten.

Buzzer memiliki tuntutan untuk memikirkan para audiensnya. Sehingga ia harus memberikan hal-hal berharga dengan konten-konten tertentu bagi pengikutnya.

Buzzer tidak hanya menyoal paparan cuitan Twitter atau foto, tetapi juga kerap menggunakan video bahkan tautan berita daring.

Umumnya, semua media itu berafiliasi dengan buzzer tersebut untuk memperkuat argumen mereka.

2. Membangun Opini Publik

Selain konsistensi, buzzer juga dituntut memiliki kecakapan dalam ranah ilmu komunikasi. Khususnya dalam membangun opini publik.

Buzzer berperan untuk mempengaruhi para pengikut mereka di media sosial untuk condong ke salah satu sudut pandang, individu, produk, atau merek bisnis tertentu.

3. Interaksi Yang Simultan

Sebagai agen komunikasi dunia maya, seorang buzzer juga bertanggung jawab terhadap klien serta target audiens yang mereka tangani.

Hal ini membuat buzzer harus memiliki cara kerja seimbang untuk mengaplikasikan tuntutan klien sekaligus mendapatkan implikasi positif dari interaksi dengan para pengikutnya.

Interaksi yang dijalankan buzzer juga harus memiliki dampak positif terhadap keberlangsungan atau retensi pengikut.

Baca juga : Defenisi Multimedia Menurut Para Pakar

4. Dukungan Tim Untuk Memperkuat Argumen

Buzzer di sisi lain juga seringkali membutuhkan kerja tim. Yaitu dengan membuat akun-akun baru. Atau gabungan para buzzer untuk saling mendukung satu sama lain dalam suatu topik pembicaraan.

Beberapa akun media sosial dibuat secara instan dan tidak memiliki latar belakang kuat. Namun akun-akun ini justru dapat berdampak untuk membentuk argumen buzzer atau bahkan memperkuatnya.

Silahkan hubungi kami AkseniJasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here