Cara-Membuat-Animasi-Pembelajaran

WOW! Beginilah Cara Membuat Animasi Pembelajaran Agar Siswa Semakin Betah Belajar

Cara-Membuat-Animasi-Pembelajaran
Banyak para tenaga pengajar saat ini yang telah banyak membantu para siswa dengan cara membuat animasi pembelajaran sebagai metode belajar paling ampuh dan unik

Para pengajar wajib tawu cara membuat video animasi pembelajaran untuk kemudahan belajar bagi anak didiknya

Dewasa ini, kita semua tahu bahwa kita hidup di zaman yang sudah sangat modern. Sehingga, tidak mengherankan bila banyak para tenaga pengajar/dosen membantu para siswa/mahasiswa dengan cara membuat animasi pembelajaran. Banyak hal yang telah dilakukan baik oleh para tenaga pengajar maupun orang tua untuk meningkatkan kemampuan belajar anak-anak mereka. Entah itu dengan cara mendaftarkan mereka ke tempat bimbingan belajar, menggunakan tenaga pengajar untuk datang mengajar di rumah, atau menggunakan teknologi canggih seperti membuat video animasi bergerak yang lucu. Cara yang terakhir adalah cara yang dipakai oleh para orang tua sekarang-sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan dapat meningkatkan antusias anak-anak dalam belajar karena telah memanfaatkan bantuan teknologi video sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar anak didiknya.

Tentang media pembelajaran

Sebelum Anda mengetahui apa itu video animasi pembelajaran, kurang tepat rasanya jika Anda tidak mengetahui sedikit tentang media pembelajaran. Media pembelajaran adalah sebuah media atau alat bantu yang dapat digunakan dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah maupun di lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Media di sini berperan sebagai alat untuk menyalurkan pesan dan tujuan dari pengajaran tersebut. Salah satu medianya yaitu melalui bantuan sebuah video animasi, karena akan menyampaikan informasi dari guru kepada murid dalam kemasan yang singkat dan sederhana namun apik dan menarik. Maka jika anda sebagai seorang pengajar jika mempunyai cara membuat animasi pembelajaran yang baik, akan menjadi nilai plus pastinya.

Para guru akan membuat video animasi tulisan atau gambar dengan menyusun kembali informasi kemudian menyampaikannya secara visual atau verbal. Terdapat pula para tenaga pengajar yang menyelipkan satu atau dua hal yang lucu untuk menarik perhatian para muridnya. Sehingga tingkat kelupaan siswa terhadap materi-materi yang diajarkan dengan cara seperti ini semakin berkurang. Bahkan sebaliknya mereka akan lebih cepat menangkap segala materi yang dibawakan oleh pengajar dengan gaya mengajar seperti ini, karena sudah memanfaatkan media video animasi di setiap membawakan materi pelajarannya. Maka dosen seperti inilah yang sangat dibutuhkan di era digital seperti saat ini.

Tentang media pembelajaran video

Lalu, apa itu media pembelajaran video ? Seperti yang Anda lihat dari namanya, media pembelajaran video  adalah sebuah metode  yang digunakan pada sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya untuk menyampaikan informasi kepada murid-murid dengan cara yang jelas, singkat, padat, namun menyenangkan. Video  yang dibuat biasanya berisi poin-poin penting informasi yang disampaikan sedemikian rupa agar dapat dimengerti oleh seluruh siswa dengan mudah. Dengan cara membuat  animasi sederhana, biasanya para tenaga pengajar menggunakan karakter-karakter yang pada saat itu sedang marak atau terkenal untuk menarik perhatian para murid. Namun, ada pula tenaga pengajar yang hanya menggunakan tulisan-tulisan namun dikemas dalam cara yang menyenangkan.

Beberapa orang mungkin menyaksikan apakah media pembelajaran video  dapat meningkatkan minat belajar para siswa. Namun, pada kenyataannya, efek dari media pembelajaran video  ini dinilai dapat lebih meningkatkan minat belajar para murid dibandingkan dengan cara yang biasanya. Para murid juga dapat mengingat informasi-informasi dengan lebih baik ketika informasi tersebut dipresentasikan secara visual dan audio. Terlebih jika diselipkan hal-hal yang lucu dan mengundang tawa, suasana belajar dalam kelas juga akan menjadi nyaman dan membuat para murid menjadi betah untuk belajar dan tidak sabar untuk menanti hari esok untuk melihat video lainnya.

Berikut beberapa cara membuat animasi pembelajaran

Mungkin sebagian dari Anda ada yang pernah membuat video animasi pembelajaran secara mandiri ketika ada tugas di SMA. Banyak cara membuatnya, bisa dibuat dengan menggunakan macromedia flash, microsoft power point bahkan adobe flash. Semua sofware di atas adalah gratis dan Anda bisa dengan mudah untuk mendownloadnya di internet lalu diinstall di laptop/pc masing-masing. Maka langkah selanjutnya adalah Anda harus berani luangkan waktu untuk menguasai semua fitur yang ada dalam masing-masing software tersebut untuk menghasilkan sebuah video. Jika Anda merasa tidak mau ribet dalam hal-hal teknis bahkan tidak Anda tidak ada waktu karena kesibukan Anda. Maka Anda perlu menggunakan jasa video animasi yang profesional.

__Posted on
October 15, 2019
__Categories
Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *