Beberapa Jenis Kamera dan Fungsinya
Beberapa Jenis Kamera dan Fungsinya

Jasa Video Company Profile Dan Turunan – Lensa kamera atau bisa juga disebut mata kamera merupakan alat vital dari kamera yang berfungsi untuk memfokuskan pantulan cahaya dari berbagai objek agar dapat ditangkap oleh sensor pada kamera. Terdiri dari beberapa lensa yang diberi jarak dan bisa diatur sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda.

 

 

Jika kamu seorang Fotografer kamu pasti tau komponen penting yang satu ini. Pada dasarnya, alat ini mengumpulkan cahaya lalu menyebarkannya ke dalam atau ke luar kamera.

 

Mari kita simak beberapa jenis kamera beserta fungsinya, yaitu :

 

  1. Kit lenses

 

Kit lenses atau lensa kit sangat umum dipakai karena harga yang tidak terlalu mahal dan bahkan dapat menjadi lensa pelengkap saat kamu membeli kamera.

 

Lensa kit ukuran 18-55 mm dengan jarak focal yang lebar sangat cocok untuk pengambilan gambar arsitektur, landscape, dan sebuah acara dengan pengambilan angle yang lebar. Namun, lensa kit ini tidak terlalu cepat, tidak seperti lensa berkualitas lainnya.

 

Dengan lensa kit, kamu tidak perlu bingung mengganti lensa untuk memperoleh jarak focal lensa sesuai dengan yang kamu butuhkan. Karena jika kamu ingin mengambil gambar dengan jarak focal yang lebar, kamu hanya perlu mengatur rentang fokal lensa.

 

  1. Prime lenses

 

Prime lenses atau biasa disebut lensa fix ini memiliki keunggulan yaitu hasil foto yang tajam, bukaan aperture yang luas, sehingga kamu dapat mengambil pengambilan foto di tempat yang remang-remang atau minim cahaya tanpa perlu menggunakan ISO yang tinggi.

 

Disamping keunggulan yang sudah dijelaskan, sesuai dengan namanya yaitu lensa fix, kamu perlu direpotkan sedikit saat ingin zoom untuk mengatur sudut pengambilan gambar, karena kamu harus bergerak maju atau mundur sesuai kebutuhanmu.

 

Adapun beberapa macam untuk ukuran lensa fix yaitu 35, 50, 85, dan 135mm. Kamu dapat memilihnya saat membeli lensa fix ini. Mengapa harus memilih salah satu dari itu? Karena jika kamu memilih lensa 35mm, lensa fix ini hanya akan memberikan perspektif 35mm.

 

Baca juga : Marketing Wajib Tahu Hal Ini !

 

  1. Zoom lenses

 

Jenis lensa zoom merupakan jenis lensa yang memiliki range focal length yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Lensa ini paling umum digunakan di kalangan Fotografer karena penggunaannya yang serbaguna, sehingga kamu bisa memotret apapun dari pernikahan, konser, hingga kehidupan liar (wildlife) di hutan.

 

Meskipun lensa ini tidak memiliki bukaan yang lebar seperti lensa fix, kamu tidak perlu membawa banyak lensa fix dengan berbagai focal length. Kamu hanya perlu membawa lensa zoom dengan focal length tertentu. Focal length lensa ini pun bervariasi dari 17-40mm, 24-105mm, hingga 70-200mm.

 

Namun, kekurangannya terdapat pada lensa yang cenderung lebih soft untuk fokusnya. Terutama untuk lensa yang memiliki rentang focal length yang cukup panjang.

 

  1. Wide-angle lenses

 

Jika kamu seorang Fotografer landscape, seharusnya kamu sudah tidak asing dengan lensa yang satu ini. Wide-angle lenses atau lensa sudut lebar ini memiliki cakupan sudut pandang yang cukup luas.

 

Dengan lensa ini, kamu dapat memotret berbagai jenis pemandangan, hutan, ladang, dan banyak lainnya. Secara umum, lensa ini memiliki ukuran 17mm-40mm. Fungsi lensa ini adalah untuk menangkap objek yang luas dalam jarak dekat. Semakin pendek jarak fokusnya, akan semakin luas objek yang ditangkap oleh kamera.

 

  1. Normal lenses

 

Lensa dengan ukuran 50mm biasa disebut dengan lensa standar. Lensa ini banyak digunakan oleh Fotografer pemula, karena saat membeli kamera kamu akan mendapatkan lensa standar ini.

 

Dengan ukuran 50mm, lensa ini dapat menangkap gambar sangat mirip dengan apa yang dilihat oleh mata manusia. Karena biasanya lensa dengan panjang fokus 40mm sampai 58mm akan terlihat hampir sama dengan mata manusia. Lensa ini biasa digunakan untuk memotret acara pernikahan, foto model, dan landscape.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here