Jasa Video Company Profile Murah – OBS adalah perangkat lunak yang dapat digunakan pada media sosial, seperti Instagram, YouTube, Facebook Live, Twitch, dan Mixer. Software ini termasuk dalam perangkat favorit bagi broadcaster, karena dinilai memudahkan pekerjaan mereka dalam menyimpan video hasil live.

 

Meski begitu, masih ada beberapa orang mengaku kesulitan memahami fitur-fitur OBS. Bagi pemula, OBS adalah aplikasi dengan tampilan rumit dan dipenuhi oleh beragam macam fitur.

 

Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa kamu pelajari. Jika semakin sering memakainya, maka user interface OBS pun mudah dipahami. Adapun pembahasan fitur-fitur OBS Studio di bawah ini.

 

OBS adalah perangkat lunak yang mempunyai tampilan atau user interface cukup unik, sehingga terkadang beberapa orang masih bingung ketika hendak memakai aplikasinya. Fitur-fitur OBS sendiri pun terbilang cukup banyak.

 

Di tambah ada kegunaan dari masing-masing fitur yang ada. Walaupun begitu, kamu masih bisa mengetahui dan belajar apa saja fitur yang ada di OBS Studio. Berikut pembahasan lebih lengkapnya.

 

  1. Scenes

Fitur scenes pada aplikasi OBS membantu pengguna menambahkan beberapa live yang ingin dipakai. Misalnya, seperti acara TV yang terkadang menyiarkan lebih dari satu kamera. Melalui TV, kita bisa melihat aksi talent dari berbagai macam sisi, entah dari sisi kanan, kiri, atau depan.

 

Nah, fitur scenes sama kegunaannya seperti itu. Fitur ini sangat bermanfaat bagi tampilan siaran langsung. Karena dengan fitur scenes, rasa bosan penonton berkurang. Kamu pun dapat meningkatkan engagement akun melalui live streaming.

 

  1. Sources

 

Salah satu kelebihan dari OBS adalah kemampuan untuk menambahkan teks berjalan, menambahkan foto atau webcam laptop, sampai menetapkan tampilan pada satu aplikasi saja. Semua kelebihan tersebut dapat kamu coba di fitur OBS sources.

 

Tampilan seperti itu nyatanya bisa dilakukan melalui fitur sources di OBS Studio dengan memilih “Video Capture Device”. Untuk tulisan berjalan, silakan pilih “Text” > beri nama > ketik teks apa yang diinginkan > klik oke.

 

Supaya teks bisa bergerak, klik kanan di bagian sources yang sudah diberi nama untuk teks tadi. Pilih “Filters” > tekan tanda “+” > dan klik scroll. Tentukan sendiri mau seberapa lama durasi dari teks berjalan dan terakhir klik OK.

 

Baca juga : Kegunaan OBS Studio yang Membedakan dari Aplikasi Lain

 

  1. Audio mixer

 

Fitur kali ini memudahkan pengguna untuk melakukan live tanpa memerlukan mikrofon tambahan. Sebab, pada audio mixer kamu bisa mengatur kebisingan suara sekitar agar berubah menjadi kedap suara. Selain itu, fitur ini juga akan tetap berjalan meskipun tampilan layar berubah-ubah.

 

Namun, bukan berarti karena adanya audio mixer, OBS tak mendukung adanya perangkat eksternal. OBS adalah aplikasi yang mengizinkan perangkat eksternal, seperti kamera dan mikrofon tetap terhubung dengan live streaming.

 

  1. Scene transitions

 

Sama seperti artinya, scene transitions membantu pengguna memilih transisi dari satu scene (layar) ke scene lainnya. Lama waktu dari transisi juga dapat diubah melalui fitur satu ini.

 

  1. Controls

 

Fitur terakhir OBS adalah controls. Bisa dikatakan bahwa ini menjadi langkah penting yang harus dimengerti broadcaster atau gamer. Dalam fitur controls, ada berbagai macam pengaturan yang cukup kompleks. Pertama, ada start recording untuk merekam aktivitas yang kamu lakukan.

 

Lalu, start streaming untuk memulai siaran langsung di suatu platform atau media sosial. Selanjutnya, studio mode membuat layar terbagi menjadi dua dengan tujuan mengatur transisi supaya tampil lebih baik. Terakhir, ada settings dan exit untuk mengatur aplikasi dan keluar dari aplikasi OBS.

 

Silahkan hubungi kami Akseni Jasa untuk pemesanan video animasi bisnis Anda  di 083878617621 (WA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here